Persaingan Ojek Online Dengan Ojek Konvensional Terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Asyifa Mufida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Pitaloka Wulandari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Putri Jasmin Silvia Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v8i1.8227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelayanan pelanggan terhadap adanya ojek online yang sering digunakan dan terhadap ojek konvensional yang makin hari semakin berkurang peminatnya. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi kualitatif, yaitu penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme yang mengkaji penjelasan atas fenomena atau realitas yang tampak. Populasi penelitian ini adalah masyarakat umum atau pelanggan ojek tradisional dan online. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan teknik komparasi dan pendekatan deduktif. Dari hasil wawancara diketahui bahwa pelanggan yang sudah menggunakan ojek online maupun ojek konvensional, lebih banyak peminatnya yang menggunakan ojek online dibandingkan ojek konvensional. Terdapat lima orang memilih menggunakan ojek online dan dua orang tetap menggunakan ojek konvensional. Konsumen memilih berdasarkan kebutuhan mereka dengan mempertimbangkan keuntungan yang akan mereka dapatkan, seperti mempertimbangkan kecepatan dan tarif harga yang diberikan oleh ojek online dan ojek konvensional.

Kata Kunci: Aplikasi, Ojek Kopnvensional, Ojek, Ojek Online, Transportasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas Salim, H. A., (2008) Manajemen Transportasi , Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.

Adab, D. D. Eksistensi Transportasi Konvensional (Ojek) Dan Transportasi Online (Gojek) Terhadap Kenyamanan Pelanggan (Studi Komparatif Ojek Konvensional Dan Ojek Online Di Kota Palopo).

Adisasmita, Rahardjo, (2013) Manajemen Pembangunan Transportasi, Penerbit Graha Ilmu

Aini, W. C. (2018). Strategi Brand Positioning Transportasi Online Di Kota Malang (Studi Pada Manajemen Ojek Baper) (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).

AKRIM, A. (2022). Covid-19 Dan Kampus Merdeka Di Era New Normal (Ditinjau Dari Perspektif Ilmu Pengetahuan). Aksaqila Jabfung.

Amajida, F. D. (2016). Kreativitas digital dalam masyarakat risiko perkotaan: Studi tentang ojek online “Go-Jek” di Jakarta. Informasi, 46(1), 115-128

Angraini, P. A. (2018). Studi Komparatif Pelayanan Taksi Online dan Taksi Konvensional Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Taksi Puspa Jaya di Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Anindhita, W., Arisanty, M., & Rahmawati, D. (2016, November). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi). In Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC.

Anwar, A. A. (2017). Online Vs Konvensional: Keunggulan dan konflik antar moda transportasi di Kota Makassar. ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia, 220-246.

Arla, B. Y., Efendi, A., & Hajia, M. C. (2022). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Berbasis Online dan Konvensional di Kota Baubau. SCEJ (Shell Civil Engineering Journal), 7(1), 34-40.

Arrafi, S. R. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Moda Transportasi Ojek Online Grab Dan Gojek Di Kota Tegal (Doctoral Dissertation, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan).

Astuti, M., MM, M., Suharyati, S. E., Rosali Sembiring, S. E., Nobelson, M. M., Ediwarman, S. E., ... & Manggabarani, A. S. (2021). Book Chapter: Keunggulan Kompetitif UMKM Naik Kelas. Deepublish.

Benarkah Ada Persaingan Antara Ojek Online Dengan Ojek Pengkolan? - GridOto.com. (2022). Retrieved 26 December 2022, from https://www.gridoto.com/read/221762186/benarkah-ada-persaingan-antara-ojek-online-dengan-ojek-pengkolan

Diprotes Gegara Pesan Ojol di Pangkalan Ojek, Aksi Ibu Ini Jadi Sorotan Warganet | merdeka.com. (2022). Retrieved 25 December 2022, from https://www.merdeka.com/jabar/tuai-banyak-pujian-ibu-ibu-marah-ke-tukang-ojek-pangkalan-karena-hal-ini.html

Hardiyanti, S. A., Wari, W. N., & Romadi, A. S. (2019). Pengaruh Tarif terhadap Pemilihan Moda Transportasi Online dan Konvensional Di Kota Banyuwangi. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC), 5(2), 1-10.

Indonesia, D. (2022). Persaingan Ketat Pangsa Pasar Ojek Online di Indonesia. Retrieved 24 December 2022, from https://dataindonesia.id/digital/detail/persaingan-ketat-pangsa-pasar-ojek-online-di-indonesia

Karim, K. (2018). Analisis Permintaan Taksi Konvensional Di Tengah Beroperasinya Taksi Online Di Kota Makassar. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 14(2), 101-112.

Khotimah, N. Konstruksi Pemberitaan Kompas. com tentang Perlindungan Kerja Ojek Online Sebagai Moda Transportasi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Mengapa para ojek pengkolan tidak ingin beralih ke ojek daring padahal keuntungan yang didapatkan dari ojek daring lebih besar?. (2022). Retrieved 26 December 2022, from https://id.quora.com/Mengapa-para-ojek-pengkolan-tidak-ingin-beralih-ke-ojek-daring-padahal-keuntungan-yang-didapatkan-dari-ojek-daring-lebih-besar

Miro, Fidel (2005) Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulyana, i. (2020). Alternatif pembiayaan koperasi dan ukm melalui kemitraan pasca pandemi covid-19.

Nurainul Yakin, N. U. R. A. I. N. U. L. (2022). Eksistensi Transportasi Konvensional (Ojek) Dan Transportasi Online (Gojek) Terhadap Kenyamanan Pelanggan (Studi Komparatif Ojek Konvensional Dan Ojek Online Di Kota Palopo) (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (Iain Palopo)).

Ojek Pengkolan Goes to Ojek Online. (2019). Retrieved 25 December 2022, from https://www.kompasiana.com/latifatussakinah1718/5d137d6b0d82304391176ac2/ojek-pengkolan-goes-to-ojek-online

Peta Persaingan Gojek, Grab, Maxim, dan AirAsia di Bisnis Ojek Online - Startup Katadata.co.id.(2022).Retrieved24December2022,https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6363fde3ee2c6/peta-persaingan-gojek-grab-maxim-dan-airasia-di-bisnis-ojek-online

POPY, A. (2018). Resolusi Konflik Antara Pengemudi Transportasi Online Dengan Pengemudi Transportasi Konvensional (Studi Hambatan Struktural Penyelesaian Konflik antara Pengemudi Gojek, Pengemudi Angkutan Kota (Angkot), Pengemudi Ojek Pangkalan di Kota Padang) (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Pratiwi, D. A. Y. (2019). Strategi Adaptasi Ojek Konvensional Dalam Merespon Adanya Ojek Online Di Kota Surakarta.

Pro kontra jasa ojek pangkalan dan ojek professional. Retrieved 26 December 2022, from https://dailysocial.id/post/pro-kontra-jasa-ojek-pangkalan-dan-ojek-profesional

Putri, H. S., & Diamantina, A. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Keselamatan Dan Keamanan Pengemudi Ojek Online Untuk Kepentingan Masyarakat. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(3), 394.

Ramdhani, J. (2022). Ada Konflik, Ojek Online dan Pangkalan di Tanah Abang Dimediasi Polisi. Retrieved 26 December 2022, from https://news.detik.com/berita/d-3162067/ada-konflik-ojek-online-dan-pangkalan-di-tanah-abang-dimediasi-polisi

Sholihin, T. (2018). Analisis Pendapatan Sopir Angkutan Kota (Angkot) Sesudah Dan Sebelum Adanya Jasa Transportasi Ojek Online Di Kota Malang (Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).

Sirait, N. N., Reza, M., Ramaiah, A. K., & Suyudi, A. (2021). Ride Hailings Apps Enter in Competition with Ojek: Indonesia’s Response to the Impact of Disruptive Innovation. In The Digital Economy and Competition Law in Asia (pp. 103-123). Springer, Singapore.

Sjahrain, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online Gojek Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, 1(931416075).

Somawati, A. V., Adnyana, K. S., Darmawan, I. P. A., Dewi, N. P. D. U., Untara, I. M. G. S., Suadnyana, I. B. P. E., ... & Indrayasa, K. B. (2020). Bali vs COVID-19: Book Chapters. Nilacakra.

Sulasmi, E., Sibuea, M. B., Eriska, P., & AirLangga, E. (2020). Covid 19 & Kampus Merdeka Di Era New Normal. Kumpulan Buku Dosen.

Susanto, Astrid, S.,(1992). Filsafat Komunikasi, Jakarta: Bina Aksara

Syafrino, A. (2017). Efisiensi Dan Dampak Ojek Online Terhadap Kesempatan Kerja Dan Kesejahteraan.

Tumuwe, R., Damis, M., & Mulianti, T. (2018). Pengguna ojek online di kalangan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Wahyudin, W. W. Kontestasi antara angkutan pete-pete dengan angkutan gojek dan grab di kota makassar. Phinisi Integration Review, 5(1), 158-168.

Watung, M. P., Rotinsulu, D. C., & Tumangkeng, S. Y. (2020). Analisis Perbandingan Pendapatan Ojek Konvensional Dan Ojek Online Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03).

Widhiasthini, N. W., & Subawa, N. S. (2019). Sisi Lain Praktek Transportasi Online Sebagai Transformasi Ekonomi Politik Di Era Revolusi Industri 4.0. Public Administration Journal of Research, 1(4).

Widyastuti, R. (2022). Pengamat: Tarif Ojol Kini Lebih Tinggi dari Ojek Pengkolan, Tapi DibebaniBiayaKomisi.Retrieved25December2022,from https://bisnis.tempo.co/read/1636310/pengamat-tarif-ojol-kini-lebih-tinggi-dari-ojek-pengkolan-tapi-dibebani-biaya-komisi

Wijoyo, H. (2021). Transformasi Digital Dari Berbagai Aspek. Insan Cendekia Mandiri.

Published

2023-07-02

How to Cite

Mufida, A. ., Wulandari, P., & Silvia, P. J. (2023). Persaingan Ojek Online Dengan Ojek Konvensional Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Politikom Indonesiana, 8(1), 84–97. https://doi.org/10.35706/jpi.v8i1.8227

Issue

Section

Jurnal Politikom Indonesiana