Strategi Komunikasi Lintas Budaya Konsultan Public Relations Perusahaan Minyak Dan Gas Bumi Dalam Menghadapi Perbedaan Budaya Pada Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v8i1.9520Abstract
Aktivitas public relation pada sebuah perusahaan dapat dilakukan oleh konsultan public relation. Konsultan public relations memiliki tugas dan fungsi yang sama dengan public relations dari sebuah divisi suatu perusahaan. Perusahaan minyak dan gas bumi miliki pemerintah di Indonesia juga menggunakan konsultan public relations yang difokuskan dalam pelaksanaan program CSR. Meskipun menggunakan konsultan public relations, perusahaan minyak dan gas bumi ini banyak mendapatkan penghargaan atas prestasinya dalam bidang CSR. Proses implementasi program, konsultan public relations menghadapi perbedaan budaya dari berbagai wilayah yang menjadi target program. Tetapi konsultan public relations harus memiliki startegi dalam menghadapi perbedaan tersebut. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa setiap wilayah memiliki kendala budaya yang berbeda. Teradapat perbedaan karakteristik antara masyarakat Jawa dan Papua sebagai penerima program CSR. Sehingga konsultan public relations harus menyesuaikan cara mengkomunikasikan suatu program yaitu secara Low Context atau High Context. Selain itu pendekatan public relation yang digunakan oleh praktisi CSR adalah pendekatan kerjasama.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, komunikasi lintas budaya, konsultan public relations
Downloads
References
Badan Pusat Statistik. (2015). Industri Besar dan Sedang. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik
Creswell JW. (2016). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (2014). Alih bahasa oleh Fawaid A, Pancasari RK . Pustaka Pelajar Yogyakarta.
Deddy Mulyana . 2019. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Frank Jefkins disempurnakan oleh Daniel Yadin. (2004). Public Relations. Edisi 5. Jakarta: Erlangga
Kusnadi FN. (2018). Strategi Public Relation PT. POS Indonesia (persero) dalam membangun citra perusahaan. [Skripsi]. [Internet]. [Diunduh 17 Juni 2018 pukul 21:14 WIB]. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif. Tersedia pada: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/42479/1/FARHANIAH%20NURFADILA%20KUSNADI-FDK-IR.pdf.
Morissan. (2018). Manajemen Public Relations: Strategi menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ruslan R. (2008). Manajemen Public Relation &Media Komunikasi. Jakrta: PT Rajagrafindo Persada.
Soemirat S, Ardianto E. (2015). Dasar-dasar Public Relation. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibisono Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Jakarta: PT Gramedia
Yovanda YR. (2018). 27 Oktober 2018z Pemerintah Dorong Perusahaan Konsisten Gelar CSR. https://ekbis.sindonews.com/beritaamp/1349592/34/pemerintah-dorong-perusahaan-konsisten-gelar-csr
Zaidi Z. (2003). Sumbangan Sosial Perusahaan. Jakarta: EMK