https://journal.unsika.ac.id/radian/issue/feedRadian Journal: Research and Review in Mathematics Education2024-08-28T09:56:02+07:00Dr. Rika Mulyati Mustika Sariradian@fkip.unsika.ac.idOpen Journal Systems<div> <ol> <li>Journal Title:<a href="https://journal.unsika.ac.id/index.php/radian"> Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education</a></li> <li>Initials: RJ-RRME</li> <li>Abbreviation: Radian</li> <li>Frequency: 4<a href="https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/issue/archive" target="_blank" rel="noopener"><span class="Y2IQFc" lang="en"> issues per year (March, Juni, September & Desember) </span></a></li> <li>DOI: Prefix 10.35706 by <em><strong>Crossref</strong></em></li> <li>Online ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2961-7049">2961-7049</a></li> <li>Editor in Chief: <strong>Dr. Rika Mulyati Mustika Sari<br /></strong></li> <li>Email: radian@fkip.unsika.ac.id</li> <li>Publisher: <a href="https://pmtk.unsika.ac.id/"><strong>Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang</strong></a></li> <li>Index by: <a href="https://search.crossref.org/?q=2961-7049&from_ui=yes"><strong><em>Crossref</em></strong></a> <em><strong><a title="Garuda" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/27449" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a></strong></em>, <a title="Profile Google Scholar Speed" href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=tGLd0OYAAAAJ" target="_blank" rel="noopener"><em><strong>Google Scholar</strong></em></a></li> </ol> </div> <div> </div>https://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/9052Implementasi Etnomatematika Pada Bangunan Kuno Kawasan Kampung Kemasan Gresik Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Komunikasi Siswa Pada Materi Bangun Ruang2023-06-17T15:15:41+07:00Nurul Rakhma Auliarakhmahauliaa@gmail.comIndah Wahyuniindahwahyuni@uinkhas.ac.id<p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan komunikasi matematis pada siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI). Instrumen yang digunanakan dalam penelitian, yaitu dengan menggunakan lembar angket penilaian dan lembar angket soal yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang diberikan guru kepada siswa. hasil yang diperoleh, diantaranya : a. kemampuan komunikasi matematis antar siswa dapat meningkat b. siswa dapat memahami materi bangun ruang.</p>2024-06-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Educationhttps://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/12075Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar2024-08-23T17:51:42+07:00Dea Mareta2010631050059@student.unsika.ac.idRafiq Zulkarnaenrafiq.zulkarnaen@fkip.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar. Subjek penelitian sebanyak 26 siswa yang diambil secara purposive pada satu SMP Negeri di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Studi kasus digunakan dalam penelitian ini, dengan kasus tunggal dan analisis tunggal. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII sebagai fokus kasus untuk di analisis, dengan analisis kasus didasarkan pemahaman konsep matematis dalam materi bentuk aljabar. Instrumen tes digunakan dalam penelitian ini, sebanyak 8 soal uraian dan 1 pilihan ganda untuk mengukur kemampuan numerasi siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis masih sangat rendah, yaitu: hampir semua siswa dapat menyatakan ulang sebuah konsep bentuk aljabar. Namun, sebagian siswa kurang paham dalam mengklasifikasikan objek menurut sifat – sifatnya, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, dan mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah.</p>2024-08-23T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Educationhttps://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/6734Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Materi Segi Empat Berdasarkan Kecemasan Matematika2022-12-24T17:35:59+07:00Jasmine Ramadhani Lasdiantojasminerlasdianto@gmail.comHaerudin Haerudinhaerudin@fkip.unsika.ac.idAgung Prasetyo Abadiagung.abadi@fkip.unsika.ac.id<p>Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII pada materi segi empat berdasarkan tingkat kecemasan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 siswa VIII A SMP Negeri Cirebon. Pengambilan subjek menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik analisis data terdiri deskripsi hasil angket, tes tertulis dan wawancara, lalu dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah siswa tingkat kecemasan matematika rendah mampu melewati semua indikator, yaitu mampu memahami masalah yang ada, mampu membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui, serta mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sehingga mendapatkan hasil tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan sedang mampu melewati dua indikator, yaitu mampu memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui dan ditanyakan, namun tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil tidak tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan matematika tinggi hanya mampu melewati satu indikator, yaitu mampu memahami masalah, namun tidak mampu menyusun rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui dan ditanyakan, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil yang tidak tepat.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Kemampuan Pemecahan Masalah, Tingkat Kecemasan, Segi Empat.</p>2024-06-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Educationhttps://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/9143Logika Matematika Perspektif Nilai-Nilai Moral Berlandaskan Ayat-Ayat Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-Hari2023-06-09T10:19:53+07:00Devita Indri Febianidevitaif24@gmail.comNailis Sa’adahnalisa994@gmail.comMohammad Kholilmkholil@uinkhas.ac.idElvi Nurdinanurdinaelvi512@gmail.com<p>Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan bagaimana logika matematika dapat digunakan sebagai alat pemahaman dan penerapan nilai-nilai moral yang terdapat dalam ajaran Al-Quran pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka atau studi literatur. Peneliti menggunakan metode survei bibliografi untuk mengumpulkan data untuk membahas judul penelitian. Data yang relevan dikumpulkan dengan menarik kesimpulan khusus dari teori-teori umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa ayat Al-Quran yang mengandung logika matematika perspektif nilai moral, diantaranya surat Al-Insyirah, surat Al-Fatihah, Surat An-Nisa’, dan lain lain. Nilai moral yang terdapat dalam surat-tersebut diantaranya jujur, gigih atau pantang menyerah, patuh pada hukum, dan lain sebagainya.</p>2024-06-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Educationhttps://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/12092Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Gender Pada Materi Segiempat2024-08-28T09:56:02+07:00An nisaa Mutiara Salsabilaannisaamutiara20@gmail.comNita Hidayati2110631050133@student.unsika.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari perbedaan gender pada materi segiempat. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Widya Nusantara yang berjumlah 22 siswa. Untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, peneliti menggunakan instrumen tes berupa 3 soal uraian materi segiempat yang memuat 3 indikator kemampuan komunikasi matematis dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa, pada indikator ekspresi matematik, siswa laki-laki cenderung menciptakan model matematika berdasarkan pemahamannya tanpa bergantung pada rumus yang telah dipelajari. Sebaliknya, siswa perempuan lebih sering membuat model matematika dengan mengandalkan rumus yang sudah dipelajari, dan pada indikator menggambar tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menggambar matematis siswa laki-laki dan perempuan, namun pada indikator ini siswa perempuan lebih unggul dibanding siswa laki-laki.</p> <p>Kata kunci: <em>gender</em>, Kemampuan Komunikasi Matematis, Segiempat.</p>2024-08-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education