https://journal.unsika.ac.id/radian/issue/feed Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education 2024-08-28T09:56:02+07:00 Dr. Rika Mulyati Mustika Sari radian@fkip.unsika.ac.id Open Journal Systems <div> <ol> <li>Journal Title:<a href="https://journal.unsika.ac.id/index.php/radian"> Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education</a></li> <li>Initials: RJ-RRME</li> <li>Abbreviation: Radian</li> <li>Frequency: 4<a href="https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/issue/archive" target="_blank" rel="noopener"><span class="Y2IQFc" lang="en"> issues per year (March, Juni, September &amp; Desember) </span></a></li> <li>DOI: Prefix 10.35706 by <em><strong>Crossref</strong></em></li> <li>Online ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2961-7049">2961-7049</a></li> <li>Editor in Chief: <strong>Dr. Rika Mulyati Mustika Sari<br /></strong></li> <li>Email: radian@fkip.unsika.ac.id</li> <li>Publisher: <a href="https://pmtk.unsika.ac.id/"><strong>Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang</strong></a></li> <li>Index by: <a href="https://search.crossref.org/?q=2961-7049&amp;from_ui=yes"><strong><em>Crossref</em></strong></a> <em><strong><a title="Garuda" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/27449" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a></strong></em>, <a title="Profile Google Scholar Speed" href="https://scholar.google.com/citations?hl=id&amp;user=tGLd0OYAAAAJ" target="_blank" rel="noopener"><em><strong>Google Scholar</strong></em></a></li> </ol> </div> <div> </div> https://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/9052 Implementasi Etnomatematika Pada Bangunan Kuno Kawasan Kampung Kemasan Gresik Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Komunikasi Siswa Pada Materi Bangun Ruang 2023-06-17T15:15:41+07:00 Nurul Rakhma Aulia rakhmahauliaa@gmail.com Indah Wahyuni indahwahyuni@uinkhas.ac.id <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan komunikasi matematis pada siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI). Instrumen yang digunanakan dalam penelitian, yaitu dengan menggunakan lembar angket penilaian dan lembar angket soal yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang diberikan guru kepada siswa. hasil yang diperoleh, diantaranya : a. kemampuan komunikasi matematis antar siswa dapat meningkat b. siswa dapat memahami materi bangun ruang.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education https://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/12075 Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar 2024-08-23T17:51:42+07:00 Dea Mareta 2010631050059@student.unsika.ac.id Rafiq Zulkarnaen rafiq.zulkarnaen@fkip.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar. Subjek penelitian sebanyak 26 siswa yang diambil secara purposive pada satu SMP Negeri di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Studi kasus digunakan dalam penelitian ini, dengan kasus tunggal dan analisis tunggal. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII sebagai fokus kasus untuk di analisis, dengan analisis kasus didasarkan pemahaman konsep matematis dalam materi bentuk aljabar. Instrumen tes digunakan dalam penelitian ini, sebanyak 8 soal uraian dan 1 pilihan ganda untuk mengukur kemampuan numerasi siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis masih sangat rendah, yaitu: hampir semua siswa dapat menyatakan ulang sebuah konsep bentuk aljabar. Namun, sebagian siswa kurang paham dalam mengklasifikasikan objek menurut sifat – sifatnya, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, dan mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah.</p> 2024-08-23T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education https://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/6734 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Materi Segi Empat Berdasarkan Kecemasan Matematika 2022-12-24T17:35:59+07:00 Jasmine Ramadhani Lasdianto jasminerlasdianto@gmail.com Haerudin Haerudin haerudin@fkip.unsika.ac.id Agung Prasetyo Abadi agung.abadi@fkip.unsika.ac.id <p>Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII pada materi segi empat berdasarkan tingkat kecemasan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 siswa VIII A SMP Negeri Cirebon. Pengambilan subjek menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Teknik analisis data terdiri deskripsi hasil angket, tes tertulis dan wawancara, lalu dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah siswa tingkat kecemasan matematika rendah mampu melewati semua indikator, yaitu mampu memahami masalah yang ada, mampu membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui, serta mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sehingga mendapatkan hasil tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan sedang mampu melewati dua indikator, yaitu mampu memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui dan ditanyakan, namun tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil tidak tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan matematika tinggi hanya mampu melewati satu indikator, yaitu mampu memahami masalah, namun tidak mampu menyusun rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui dan ditanyakan, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil yang tidak tepat.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Kemampuan Pemecahan Masalah, Tingkat Kecemasan, Segi Empat.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education https://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/9143 Logika Matematika Perspektif Nilai-Nilai Moral Berlandaskan Ayat-Ayat Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-Hari 2023-06-09T10:19:53+07:00 Devita Indri Febiani devitaif24@gmail.com Nailis Sa’adah nalisa994@gmail.com Mohammad Kholil mkholil@uinkhas.ac.id Elvi Nurdina nurdinaelvi512@gmail.com <p>Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan bagaimana logika matematika dapat digunakan sebagai alat pemahaman dan penerapan nilai-nilai moral yang terdapat dalam ajaran Al-Quran pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka atau studi literatur. Peneliti menggunakan metode survei bibliografi untuk mengumpulkan data untuk membahas judul penelitian. Data yang relevan dikumpulkan dengan menarik kesimpulan khusus dari teori-teori umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa ayat Al-Quran yang mengandung logika matematika perspektif nilai moral, diantaranya surat Al-Insyirah, surat Al-Fatihah, Surat An-Nisa’, dan lain lain. Nilai moral yang terdapat dalam surat-tersebut diantaranya jujur, gigih atau pantang menyerah, patuh pada hukum, dan lain sebagainya.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education https://journal.unsika.ac.id/radian/article/view/12092 Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Gender Pada Materi Segiempat 2024-08-28T09:56:02+07:00 An nisaa Mutiara Salsabila annisaamutiara20@gmail.com Nita Hidayati 2110631050133@student.unsika.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari perbedaan gender pada materi segiempat. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Widya Nusantara yang berjumlah 22 siswa. Untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, peneliti menggunakan instrumen tes berupa 3 soal uraian materi segiempat yang memuat 3 indikator kemampuan komunikasi matematis dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa, pada indikator ekspresi matematik, siswa laki-laki cenderung menciptakan model matematika berdasarkan pemahamannya tanpa bergantung pada rumus yang telah dipelajari. Sebaliknya, siswa perempuan lebih sering membuat model matematika dengan mengandalkan rumus yang sudah dipelajari, dan pada indikator menggambar tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menggambar matematis siswa laki-laki dan perempuan, namun pada indikator ini siswa perempuan lebih unggul dibanding siswa laki-laki.</p> <p>Kata kunci: <em>gender</em>, Kemampuan Komunikasi Matematis, Segiempat.</p> 2024-08-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education