Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Aljabar Ditinjau dari Jenis Kelamin
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa SMP kelas VIII dalam memecahkan masalah soal cerita aljabar berdasarkan jenis kelamin. Artikel ini dilatarbelakangi kemampuan literasi numerasi dalam memecahkan masalah soal cerita aljabar masih tergolong rendah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bekasi yang berjumlah 36 siswa. Data untuk penelitian ini dikumpulkan berdasarkan instrumen tes uraian dan instrumen non-tes wawancara. Instrumen tes yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 1 soal yang mengacu pada indikator literasi numerasi menurut Gerakan Literasi Nasional (2017) berdasarkan tahapan Polya. Hasil tes kemampuan literasi numerasi berdasarkan kategori yaitu : rendah 19,44% (7 siswa), sedang 66,67% (24 siswa), tinggi 13,89% (5 siswa). Berdasarkan hasil tes dan wawancara baik laki-laki maupun perempuan dalam kategori literasi numerasi rendah menunjukkan ketidakmampuan untuk memahami masalah dan keliru dalam memecahkan masalah, siswa laki-laki maupun perempuan dengan kategori literasi numerasi sedang sudah mampu memahami masalah, merumuskan dan mengimplementasikan solusi serta mengkaji ulang dalam memecahkan masalah walaupun kurang tepat, siswa laki-laki maupun perempuan dengan kategori literasi numerasi tinggi sudah memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi dan memecahkan masalah dengan tepat. Simpulan artikel ini adalah rata-rata kemampuan literasi numerasi siswa SMP kelas VIII di SMPN 4 Kota Bekasi dalam memecahkan masalah soal cerita aljabar baik siswa laki-laki maupun perempuan
dalam kategori sedang.