Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Siswa MTS Al-Iklhas Prokamasi
Abstrak
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang populasinya adalah siswa MTS Al-Iklhas Prokamasi, Karawang. dengan sampel yang digunakan sebanyak 24 siswa. Instrumen yang dipakai adalah non-tes berupa angket, dengan jumlah pernyataan sebanyak 21 item pernyataan. Instrumen dibuat berdasarkan 4 indikator minat belajar matematika siswa yang meliputi perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa, dan keterlibatan siswa/partisipasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus presentase hasil jawaban siswa yang kemudian dideskripsikan menggunkan kriteria penafsiran hasil jawaban siswa. Secara keseluruhan rata-rata presentase dari data angket yang diperoleh sebesar 74,61 % yang artinya siswa di MTS Al-Iklhas Prokamasi, Karawang memiliki minat belajar yang tinggi pada pembelajaran matematika.