Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Penulis

  • Indah Permata Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yusi Ardiyanti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII dalam mata pelajaran matematika, khususnya dalam memahami materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Penelitian ini melibatkan 38 siswa kelas VII di sebuah SMP Negeri di Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes berupa lima soal uraian terkait materi tersebut digunakan, serta wawancara tak-terstruktur sebagai instrumen non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membentuk model matematika, memahami pertanyaan yang diajukan, dan menyusun simpulan yang memadai berdasarkan jawaban yang telah diberikan. Kesimpulannya, rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel disebabkan oleh kesulitan dalam membentuk model matematika, memahami pertanyaan yang diajukan, dan menyusun simpulan yang memadai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Permata, I., & Ardiyanti, Y. (2024). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Sesiomadika, 5(1), 1–15. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10377

Terbitan

Bagian

Artikel