Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII dalam mata pelajaran matematika, khususnya dalam memahami materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Penelitian ini melibatkan 38 siswa kelas VII di sebuah SMP Negeri di Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes berupa lima soal uraian terkait materi tersebut digunakan, serta wawancara tak-terstruktur sebagai instrumen non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membentuk model matematika, memahami pertanyaan yang diajukan, dan menyusun simpulan yang memadai berdasarkan jawaban yang telah diberikan. Kesimpulannya, rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel disebabkan oleh kesulitan dalam membentuk model matematika, memahami pertanyaan yang diajukan, dan menyusun simpulan yang memadai.