ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET

Penulis

  • Zahroniswati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis ketercapaian dari setiap indikator kemampuan pemahaman matematis siswa, khsusunya pada materi barisan dan deret. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Karawang sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal uraian mengenai kemampuan pemahaman matematis siswa dengan 7 soal dimana masing-masing soal memuat satu indikator kemampuan pemahaman matematis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa sebesar 34,1. Dengan teknik purposive sampling didapatkan 2 siswa dengan ketegori kemampuan tinggi memiliki presentase 8,7%, 16 siswa dengan ketegori kemampuan sedang memiliki presentase 69,57%, dan 5 siswa dengan ketegori kemampuan rendah memiliki presentase 21,74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa kelas X-4 SMA Negeri 6 Karawang tahun 2023 dengan presentase 34,01% berada di kategori rendah. Jika dibandingkan dengan nilai KKM sekolah, maka kemampuan matematis siswa masih dalam kategori rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Zahroniswati, & Roesdiana, L. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET. Prosiding Sesiomadika, 5(2), 356–367. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10392

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3