Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV

Penulis

  • Rana Haya Fauziyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Redo Martila Ruli Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dan diperlukan dalam  pembelajaran matematika untuk membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Islam di kabupaten Bekasi dengan subjek penelitian siswa kelas VIII yang berjumlah 15 siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes kemampuan penalaran matematis dengan materi SPLDV sebanyak 3 soal dalam bentuk uraian dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes kemampuan penalaran matematis dan melakukan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menerapkan dari penelitian Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis terhadap data tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal uraian SPLDV pada keempat indikator masih belum terpenuhi. Mayoritas siswa masih belum bisa memenuhi indikator memperkirakan proses penyelesaian dan menarik kesimpulan yang logis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-09

Cara Mengutip

Fauziyah, R. H., & Martila Ruli, R. (2024). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV. Prosiding Sesiomadika, 5(3), 432–443. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10412

Terbitan

Bagian

Artikel