Studi Kasus Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK pada Materi Program Linear
Abstrak
Kemampuan representasi dalam pembelajaran matematika merupakan aspek yang sangat penting. Akan tetapi, realitas saat ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi siswa masih belum memuaskan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan representasi matematis siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terutama dalam materi sistem persamaan dan pertidaksamaan dua variabel. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin Industri SMK 1 PGRI Karawang Tahun Akademik 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak tiga soal, setiap soal mengacu pada indikator kemampuan representasi matematis. Hasil jawaban siswa dianalisis berdasarkan karakteristik jawaban siswa dalam menggunakan representasi untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan berdasarkan indikator-indikator representasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang tidak mampu menyajikan kembali informasi yang diberikan ke dalam bentuk representasi visual, representasi simbolik, dan representasi verbal. Hal ini karena siswa tidak memahami konsep penyelesaian dengan metode grafik, kurangnya ketelitian siswa untuk memeriksa kembali jawaban, serta kurangnya pengalaman belajar siswa dalam menyampaikan ide matematis.