ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI SPLDV
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) untuk melihat bagaimana kemampuan yang dimiliki siswa dalam memahami SPLDV dalam hal numerasi. Artikel ini dikaji secara deskriptif untuk memperlihatkan gambaran terkait konsep yang diinginkan terkait materi SPLDV. Sampel yang diambil yaitu 15 siswa kelas VIII yang kemudian di analisis untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa terkhusus pada materi SPLDV. Oleh Untuk melihat kemampuan numerasi siswa dilakukan analisis melalui tes tertulis dengan menggunakan 2 butir soal uraian yang di adopsi dari buku cetak Matematika Sekolah Menengah Pertama kelas VIII yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2021, soal yang diberikan sudah mencakup indikator kemampuan numerasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa kelas VIII tergolong cukup baik.