PENGARUH MODUL PRAKTIKUM KALKULUS INTEGRAL BERBASIS APLIKASI WXMAXIMA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan pengaruh kegiatan praktikum Kalkulus Integral berbasis aplikasi WxMaxima terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan rancangan posttest only control. Data penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang diberikan setelah kegiatan praktikum diberikan selama 8 kali pertemuan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat ada tidaknya perbedaan, serta effect size untuk melihat besarnya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara mahasiswa yang mengikuti kegiatan praktikum Kalkulus Integral berbasis aplikasi WxMaxima dengan yang tidak mengikuti praktikum; (2) terdapat pengaruh penggunaan modul praktikum Kalkulus Integral berbasis aplikasi WxMaxima terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dan besarnya pengaruh dengan kategori tinggiUnduhan
Referensi
Awang, T & Zakaria, E. (2013). Enhancing Students’ Understanding in Integral Calculus Through The Integration of Maple in Learning. Social and Behavioral Sciences, 102 (204-2011)
Darminto, B. (2011). Efektifitas Pembelajaran Model Allan G. Bluman dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan: Cakrawala Pendidikan, 30(2), 326-340.
Darminto, B & Setiawan, W. (2008). Studi Perbandingan Antara Model Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 2 (1), 69-91.
Suhandri. (2016). Implementasi Program Aplikasi Maple untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Suska Journal of Mathematics Education, 2 (1), 57-66
Sunismi dan Nu’man, Mulin. (2012). Pengembangan Bahan Pembelajaran Geometrid dan Pengukuran Model Penemuan Terbimbing Berbantuan Komputer untuk Memperkuat Konsepsi Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 31(2), 200-216