ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT

Penulis

  • Yuliawati Yuliawati Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk melihat dan mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam pembelajaran matematika materi bangun datar segi empat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskripsi, pengumpulan data melalui observasi, tes tertulis dan wawancara,  data yang diperoleh berupa data kualitatif kemudian dianalisis secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP sebanyak 24 siswa. Berdasarkan hasil tes tertulis dalam pembahasan, hanya terdapat 9 siswa  yang mampu mencapai indikator fluency (kelancaran), 2 siswa yang mampu mencapai indikator flexibility (kelewesan), 7 siswa yang mampu mencapai indikator originality (keaslian), dan hanya 1 siswa yang mampu mencapai indikator elaboration (elaborasi). Serta berdasarkan hasil wawancara terdapat beberapa faktor penyebab rendahnya kemampuan berpikir keatif matematis yaitu siswa mengalami kesulitan dalam mengingat rumus luas suatu bangun datar, kesulitan dalam menginterpretasikan soal kedalam bentuk gambar, dalam menyelesaikan permasalahan matematika siswa hanya terpaku dengan satu konsep, kesulitan dalam membedakan konsep luas dan keliling bangun datar dalam kehiduapan sehari-hari. Sehingga berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VIII pada materi bangun datar segi empat mencapai kategori rendah.

Kata kunci:

Bangun Datar Segi Empat, Berpikir Kreatif Matematis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardiansyah, A. S., & DKK. (2015). Eksplorasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Matematika Setting Problem Based Learning.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. In Penelitian Pendidikan Matematika (p. 89). Karawang: Refika Aditama.

Marliana, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrument Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP.

Qadri, L., Ikhsan, M., & Yusrizal. (2019). Mathematical Creative Thinking Ability for Students Through REACT Strategies.

Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP STRATEGI THINKING ALOUDPAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Yuliawati, Y., & Roesdiana, L. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2308

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>