Hubungan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar

Penulis

  • Nurnoviyanti Yodi Putri pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang
  • Dani Firmansyah pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan atau tidak antara keatifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Untuk penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu metode expo facto. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telukjambe Barat Tahun Ajaran 2019/ 2020 dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII seni 1 dan pemilihan sampel diperoleh dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket keaktifan belajar untuk mengetahui hubungan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar. Analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar dikarenakan nilai sign yang didapat yaitu 0,025 < 0,05 dan memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,394 yang berarti hubungan yang didapat masuk dalam kategori cukup kuat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Putri, Kusuma dan Widodo, Sri Adi yang berjudul “Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, Dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa” prosiding seminar nasional etnomatnesia.

Ramlah, dkk. 2014. “Pengaruh Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang)”. Jurnal Ilmiah Solusi, Vol. 1(3): 68-75.

Rusli,Fahmi. 2017. Asosiasi Antara Prokastinasi Akademik dengan Keaktifan Belajar Matematika siswa SMP.

Syah, Muhibbin (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wibowo, Nugroho. 2016. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari” jurnal electronics, Informatics, and vocational education ( ELINVO), Vol. 1(2): 128-139

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Putri, N. Y., & Firmansyah, D. (2019). Hubungan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2327

Terbitan

Bagian

Artikel