Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Geometri
Abstrak
ABSTRAK
Dalam menyelesikan persoalaan matematika, siswa diperlukan mengaitkan ide-ide matematis yang dimiliki. Salah satunya adalah kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang dikategorikan menjadi kelomok tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan kategori berdasarkan rekomendasi dari guru yang terdiri dari 6 siswa SMP Kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan koneksi matematis siswa dan memperoleh deskripsi siswa dalam menyelesaikan soal geometri. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen butir soal dan instrumen wawancara. Analisis data menggunakan teknik kualitatif secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi Geometri masih rendah terutama dalam mengaplikasikan materi dalam kehidupan sehari-hari.
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Aspuri & Pujiastuti, H. 2019. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7 (2), 124-131
Cahyaningrum, A. O. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau dari Level Berpikir. UMS. Diperoleh dari eprints.ums.ac.id
M.A.Nuha, Suhito, dan Masrukan.2014. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri dan Karakter Siswa SMP kelas VIII Melalui Pembelajaran 4K:Jurnal Kreano,ISSN:2086-2334 vol.5 189-194.
NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics.
Reston, VA: NCTM.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: NCTM.
Nugraha, Arif Agil.2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV):Suska journal of Mathematics Educatio, vol.4,No.1,59-64.
Sudirman. 2017. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Riset Kuantitatif Terapan 2017, 131-139.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (26 th, ed. P.76-77). Alfabeta: Bandung.
Yuwono, Muhammad Ridlo.2016. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soalgeometri Berdasarkan Taksonomi Bloom dan Alternatif Pemecahan Nya: Jurnal tadris matematika.p-ISSN:2085-5893,Vol 9,No.2 2016,Hal 111-133