Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Soal Tes Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Penulis

  • Nadidah Ajeng Pratiwi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa SMP kelas VIII melalui materi Persamaan Liniear Satu Variabel. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Berdasarkan National Council Of Teacher Of Mathematics (NCTM) (2000) lima kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari matematika yaitu kemampuan pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, membuat koneksi, dan representasi. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 3 Karawang Barat tahun pelajaran 2019/2020. Populasi yg diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karawang Barat dengan subjek sebanyak 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi persamaan linear satu variabel. Berdasarkan hasil penelitian memperoleh hasil kemampuan pemecahan masalah matematis : siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi adalah 3 siswa dengan persentse 15% , siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang adalah 8 siswa dengan persentse 65% , sedangkan siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah adalah 9 siswa dengan persentse 20%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan matematis siswa SMP kelas VIII pada materi persamaan liniear satu variabel masih tergolong rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Erman S, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

George Polya, (2004) How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton: Princeton University Press. Polya, G. 1973. How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Hamimah, (2019, mei). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. ResearchGate. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/333089920_kemampuan_ pemecahan_masalah_matematika

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari. K. E , yudhanegara. M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher Mathematics inc.

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Diakses dari http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012results-overview.pdf

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Diakses dari http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20ebook_final.pdf

Sumarmo, U. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar.Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung.

Utami, R., & Wutsqa, D. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan selfefficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175. Doi : http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Purnamasari, P D. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI Smk Muhammadiyah I Patuk Pada Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/ ojs/index.php/pmath/article/download/2643/4149

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Pratiwi, N. A., & Munandar, D. R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Soal Tes Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2391

Terbitan

Bagian

Artikel