IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP GAYA KOGNITIF SISWA SMP DENGAN MATERI KUBUS DAN BALOK

Penulis

  • Yuli Sasmita Wulandari Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil belajar siswa dalam kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap gaya kognitif siswa SMP dengan materi kubus dan balok. Penelitian kali ini dilakukan pada siswa SMP kelas IX. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen terdiri dari soal pemahaman konsep dan tes gaya kognitif  menggunakan Group Embedded Figure Test (GEFT). Teknik pengumpulan data menggunakan uji intrumen tes. Tes yang dikerjakan oleh siswa diberikan penilaian disetiap indikator untuk mengetahui bahwa siswa tergolong dalam kategori kemampuan pemahaman konsep tinggi, rendah dan sedang. Begitu juga untuk mengetahui bahwa siswa memiliki gaya kognitif field independent atau gaya kognitif field dependent. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai tes pemahaman konsep siswa 15,62% pada kategori tinggi, 71,88% pada kategori sedang dan 12,5% pada kategori rendah. Pada gaya kognitif terbagi menjadi subjek FI meliputi FI lemah (FIL) sebanyak siswa dan FI kuat (FIK), adapun presentasenya sebagai berikut FIL sebanyak 3,13%, FIK sebanyak 6,25%, FDL sebanyak 43,75% dan FDK sebanyak 46,88%. Kesimpulan Siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) cenderung memiliki kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik apabila dibandingkan dengan gaya kognitif field dependent (FD). Kemampuan pemahaman konsep berkategori tinggi terdapat pada gaya kognitif  FI hingga FDK, pada kategori sedang terdapat pada semua gaya kognitif FDK dan rendah terdapat pada semua gaya kognitif FDL.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustama, Y . 2013. Identifikasi Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 14 Malang. Skripsi Universitas Negeri Malang. Jurnal-Online.UM.ac.id. Diambil pada 28/09/2019

Andini, U. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Sisw Adalam Menyekesaikan Soal Matematika Materi Pertidaksamaan Harga Mutlak. Fkip.UM-Palembang.ac.id, Vol.2 No.1 Th. Jan-Des 2017. Diambil pada 03/11/2019.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmorosari, D, U. 2017. Analisis Gaya Kognitif Siswa Dengan Hasil Belajar Ekonomi Peminatan di SMAN 2 Pontianak. Artikel Penelitian Universitas Tanjungpura Pontianak. Diambil pada 13/10/2019. https://media.neliti.com

BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Candiasa, I, M. 2002. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Memprogram Komputer. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Vol.4,No.3, Desember 2002. Diambil pada tanggal 11 Oktober 2019.

Chrisna, J, E. 2016. Analisis Kemampuan Pemecaham Masalah Melalui Model MMP (Missouri Mathematics Project). Skripsi Universitas Negeri Semarang. Diambil Pada 03 Oktober 2018. https://unnes.ac.id.

Effendi, K, N, S. 2017. Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus Dan Balok. Pasundan Journal Vol.2 No.2, Desember 2017. ISSN 2548-2297. Diambil Pada 14 Oktober 2019.

Junitasari, dkk. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Kubus Dan Balok. Mathematics Education Journal, Vol.2.No.1, April 2019,14-25. Diambil pada 14 Oktober 2019.

Mulyati. 2015. Identifikasi Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Se-gugus 3 Kecamatan Pengasihan Kabupaten Kulon Progo. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil Pada 29 September 2019. Journal.student.uny.ac.id.

Murizal. A, dkk. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Vol. 1 No. 1 (2012) : Jurnal Pendidikan Matematika Hal. 19-2. Diambil pada 22 Oktober 2018.

Raco, J, R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Cikarang: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. E-book Diakses Pada 07 Oktober 2019.

Sari, P. 2017. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Memlalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang Vol.II,No.1, Maret 2017. P-ISSN.2503-0671, e-ISSN.2548-5547). Diambil Pada 28 Oktober 2019. Ojs.umrah.ac.id.

Sisdiknas. 2003. UU Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuselis, dkk. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dikelas VII Mts Patra Mandiri Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol 1, No.2, Desember 2015. Diambil Pada 28 September 2019. Jurnal.radenrafat.ac.id.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Wulandari, Y. S., & Munandar, D. R. (2019). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP GAYA KOGNITIF SISWA SMP DENGAN MATERI KUBUS DAN BALOK. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2393

Terbitan

Bagian

Artikel