Implementasi Pendekatan Matematika Realistik dalam Proses Pembelajaran Siswa
Abstrak
Penulisan ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh implementasi pendekatan matematika realistik dalam proses pembelajaran siswa. Latar belakang penulisan ini adalah masih rendahnya prestasi matematika Indonesia dimata lokal dan internasional. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kajian pustaka, yaitu metode mengkaji sejumlah hasil penulisan mengenai pendekatan matematika realistik. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh jurnal yang telah terakreditasi pada Google Scholar dan Portal Garuda, dengan pengambilan sampel secara purposive sampling yang berkesesuaian dengan tema penulisan yaitu sebanyak 10 jurnal. Design dalam penulisan ini hanya mengkaji sejumlah jurnal tanpa melakukan eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan kajian terhadap 10 jurnal, maka didapatkan bahwa PMR (Pendekatan Matematika Realistik) memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran siswa dan SMP merupakan jenjang pendidikan yang dirasa paling tepat dalam implementasi pendekatan matematika realistik. Penemuan lain dari mengkaji 10 jurnal memperlihatkan bahwa PMR juga berpengaruh terhadap aspek afektif siswa.
Unduhan
Referensi
Arifin, Z. (2013). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Kelas Iv Mi Ghidaul Athfal Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2012/2013. Jakarta: Universitas Islam Negeri.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitriana, H. (2010). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jakarta: Journal UIN Jakarta.
Gravemeijer, & Terwel. (2000). Hans Freudenthal: a mathematician on didactics and curriculum theory. J. Curriculum Studies, 777-796.
Hariyanti, H. P. (2016). 1. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Matematis Siswa (Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Dan Komunikasi). Jurnal Buana Matematika, 25-30.
Heuvel, M. v., & Panhuizen. (1996). Assessment and Realistik Mathematic Education. Utrecht: Frudenthal Institute.
Juliati, Firman, M., & Nugraha, D. (2018). Improving Mathematical Communication Capabilities By Realistik Mathematics Approach. Journal of Learning Mathematics Learning, 338-344.
Kiki Nia Sania Efendi, A. G. (2018). model, pendekatan, metode, teknik pembelajaran. In A. G. Kiki Nia Sania Efendi, Belajar dan Pembelajaran Matematika (p. 92). Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Kusumah, E. H. (2016). Imeplementasi Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Kabuaten Karawang. Karawang: Universitas Singaerbangsa Karawang.
Mulbar, U. (2012). 1. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sainsmat, 79-92.
Nababan, S. A., & Iskandar. (2019). 1. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Negeri 1 Kualakabupaten Nagan Raya. MAJU, 110-122.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc
Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). 1. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan (2017). Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 293-301.
Polya, G. (1956). How to Solve It. Zurich: Standford University.
Ramdhani, F. A., Rohaeti, E. E., & Rolina, R. (2018). 1. Comparison Of Mathematical Reasoning Of Smp Students Between Learning Using A Realistik Approach With Open Ended Approach. Journal of Inoovative Mathematics Learning, 329-334.
Sarbiyono. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 163-173.
Susanti. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa MTs melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik . Suska Journal of Mathematics Education, 92-101.
Syahputra, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Spasial melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Cakrawala Pendidikan, 353-364.
U.S, S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Cakrawala Pendidikan, 244-255.
Zubaidah, N. (2019, 10 21). Indonesia Darurat Matematika. Retrieved from OkeNews TV: https://news.okezone.com/read/2018/11/12/65/1976537/indonesia-gawat-darurat-matematika