ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIC

Penulis

  • Heni Septianti Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • haerudin haerudin Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan kesulitan belajar siswa menggunakan pendekatan saintific, Penelitian ini berfokus pada upaya untuk menggambarkan kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran matematika khususnya menggunakan pendekatan saintific. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di salah satu sekolah SMP yang ada di Kab. Karawang. Adapun pengambilan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan test, test dilakukan dengan cara memberikan soal dengan materi relasi dan fungsi kepada siswa di sekolah tersebut,  yang kemudian dianalisis untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini adalah siswa masih  mengalami kesulitan dalam hal Mengamati terkait materi yang disajikan,  Menanyakan materi yang sedang di bahas atau yang belum dipahami, Menalar atau berfikir  dengan mengkaitkan persoalan yang sudah disajikan, Mencoba mengerjakan persoalan secara mandiri, dan Mengkomunikasikan atau menyimpulkan secara materi yang sudah dipelajari.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Septianti, H., & haerudin, haerudin. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIC. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2453

Terbitan

Bagian

Artikel