Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Segi Empat
Abstrak
Kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa terhadap materi bangun datar segi empat pada siswa SMP, yang menyebabkan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun datar segi empat berdasarkan indikator pemahaman matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menganalisis jawaban siswa dari instrumen yang diberikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP di Karawang Barat sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 soal materi bangun datar segi empat berdasarkan indikator pemahaman matematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa tidak mengingat rumus bangun datar segi empat serta melakukan kesalahan dalam menentukan sifat-sifat dari bangun datar segi empat. Sehingga diperoleh bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar segi empat masih rendah, dimana belum ada siswa yang dapat memenuhi ke 3 indikator pemahaman matematis yang diberikan.
Unduhan
Referensi
Dafril. (2011). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa. Retrieved Oktober 29, 2019, from http://mediaharja.blogspot.com/2012/06/penerapan-modelpembelajaran-cooperatif.html
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Effendi, & Galih. (2017). Diktat Belajar dan Pembelajaran Matematika. Karawang: Pedoman Perkuliahan.
Hanifah, R. d. (2018). Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu Dalam Pencapaian Pemahaman Matematis. Supremum Journal of Mathematics Education , 18.
Hidayat, & Sumarmo. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitf Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi .
Jihad, & Haris. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Harry. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. JIPM , 82-90.
Herdian. (2010). Retrieved Oktober Senin, 2019, from http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-pemahaman-matematis/
BIBLIOGRAPHY l 1033 Khansa, S. L., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learningdengan Strategi Arias Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsepdan Motivasi Belajar Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika , 264.
BIBLIOGRAPHY l 1033 Rahmawati. (2016). Retrieved November 10, 2019, from http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Rahmawati-Seminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf
Rusffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan. Bandung: Tarsito.
Sumarmo, U. (2010). Berfikir dan Disposisi Matematik. Retrieved Oktober Senin, 2019, from http://id.scribd.com/doc/76353753/Berfikir-dan-Disposisi-Matematik-Utari
Wahyudi. (2015). Retrieved November 06, 2015, from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2576/5/Bab%203%20-%20Copy.docx
Wanti. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa , Vol 3. No 1.
Wiyartimi, dkk. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri Rumus-Rumus Segitiga. JMAP 9(2) , 89-99.