Kecerdasan Emosional Dalam Belajar Matematika

Penulis

  • Elis Wati Universitas singaperbangsa karawang
  • Dadang Rahman Munandar Universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Tujuan karya tulis ini ialah untuk menelaah dan mendeskripsikan mengenai kecerdasan emosional siswa dalam belajar matematika pada siswa di sekolah yang merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan siswa dalam belajar. Oleh karenanya apabila siswa dengan kecerdasan emosional tinggi diharapkan dapat mengolah emosinya dengan baik, memotivasi dirinya sendiri, memiliki empati tinggi sehingga mendapatkan prestasi hasil belajar yang baik. Metode yang digunakan dalam hal ini adalah kajian pustaka, dimana penulis mengkaji berbagai sumber literatur yang relevan dengan objek kajian yang berkesinambungan. Kecerdasan emosional dipilih karena pada dasarnya tidak selalu kecerdasan intelegensi yang menjadi faktor penentu keberhasilan siswa dalam belajar khususnya belajar matematika tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi.
Kata kunci:
Kecerdasan emosional, prestasi hasil belajar, belajar matematika

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daud F. (2012). “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 19,(2), 24 –255

Faizi M.F. (2018). “Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 3.(2), 224–235

Gusniwati M. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk” Jurnal Formatif. 5,(1), 11–18

Goleman. D. (2009).”Emotional Intelligence (terjemahan)”. Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Leoh R, Djong K.D., dan Lakapu M. (2019). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika pada siswa SMP Kelas VII”.Jurnal Pendidikan Matematika. 1, (1), 13–18 .

Maftukhah N.A. (2018). “Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Al-Hikmah. 6, (2), 1-10.

Munirah, and Putri S.S.A., (2018). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 5, (2), 138–145.

Merianah. (2019). “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu”. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 4, (1), 29–35.

Setyawan A.A., dan Simbolon D. (2018). “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK KANSAI Pekanbaru” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 11, (1), 11–18

Siregar E dan Nara H. (2010). “Teori Belajar dan Pembelajaran” Bogor : Ghalia Indonesia

Sukriadi, Basir A., and Rusdiana. (2016). “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Sudut dan Garis di Kelas VII MTs Normal Islam Samarinda”. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 1, (2), 65-73.

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id diakses pada 1 oktober 2019 pukul 22.27 WIB

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Wati, E., & Munandar, D. R. (2019). Kecerdasan Emosional Dalam Belajar Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2519

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>