STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII PADA SOAL PISA LIKE
Abstrak
Artikel ini merupakan studi awal untuk mengetahui bagaimana pemecahan masalah yang digunakan oleh siswa pada soal hasil pengembangan PISA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII disalah satu SMP Negeri yang terletak pada kecamatan Telukjambe Timur, Tahun Pelajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dengan cara Purposive Sampling diperoleh 21 siswa dari kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes berbentuk uraian untuk menemukan strategi pemecahan masalah yang digunakan oleh siswa. Hasil penelitian diperoleh masih banyak siswa yang tidak memenuhi langkah strategi pemecahan masalah dimana hanya terdapat 3 siswa yang mampu memenuhi langkah strategi pemecahan masalah pertama dan ke empat, 15 siswa yang mampu memenuhi langkah strategi pemecahan masalah yang kedua, 13 siswa yang memenuhi langkah strategi pemecahan masalah yang ketiga, dan siswa yang memenuhi semua langkah strategi pemecahan masalah hanya 3 siswa Kata kunci: Pemecahan Masalah, PISA, Uncertainty and Data Annizar, A. M (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA Menggunakan Model Ideal Pada Siswa Usia 15 Tahun Di SMA Nuris JemberHimmah, N. R., & Kurniasari, I. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Model Pisa Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Sma. Mathedunesa.Dhewi, A. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Konstad Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Jumlah dan Selisih zdua Sudut XI SMA. Mathedunesa .Effendi, K. N., Zulkardi, Putri, R. I., & Yaniawati, P. (2018). Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dan Konteks Permainan Futsal Dalam Pembelajaran Matematika. Ed-Humanistics .Wati, E. H (2016). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Pada Konten Change And RelationshipGunawan, A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD.Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Journal , 1 (1), 90-103.Johar, R. ( 2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang Khairiah, Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN Mulawarman Banjarmasin pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika , 3 (3), 200-210.Nugrahani, A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman Pada Siswa Kelas VII A Smp Kristen Satya Wacana Salatiga.OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris.Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Puspita, A. Y. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Mathedunesa.Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah . Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut .Wati, M. K., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana.Unduhan
Referensi
Annizar, A. M (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA Menggunakan Model Ideal Pada Siswa Usia 15 Tahun Di SMA Nuris Jember
Himmah, N. R., & Kurniasari, I. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Model Pisa Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Sma. Mathedunesa.
Dhewi, A. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Konstad Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Jumlah dan Selisih zdua Sudut XI SMA. Mathedunesa .
Effendi, K. N., Zulkardi, Putri, R. I., & Yaniawati, P. (2018). Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dan Konteks Permainan Futsal Dalam Pembelajaran Matematika. Ed-Humanistics .
Wati, E. H (2016). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Pada Konten Change And Relationship
Gunawan, A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD.
Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Journal , 1 (1), 90-103.
Johar, R. ( 2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang
Khairiah, Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN Mulawarman Banjarmasin pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika , 3 (3), 200-210.
Nugrahani, A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman Pada Siswa Kelas VII A Smp Kristen Satya Wacana Salatiga.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris.
Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah
Puspita, A. Y. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Mathedunesa.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah . Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut .
Wati, M. K., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana.