Analisis Buku Teks Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Ditinjau dari Taksonomi Bloom
Abstrak
Artikel ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian materi dan soal di dalam buku siswa SMP kelas VIII Pokok Bahasan Teorema pythagoras ditinjau dari Taksonomi Bloom. Hal ini dilatar belakangi karena rendahnya proporsi soal-soal dalam buku teks yang mendorong siswa untuk menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah pokok bahasan yang terdiri dari materi dan soal teorema pythagoras dalam buku smp kelas VIII semester II, kemendikbud. Pedoman yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar deskriptor masing-masing tingkatan taksonomi bloom. Pada penelitian ini secara bertahap akan dianalisis tingkat kognitif pada soal-soal tersebut yang digunakan dalam penyelesaiannya, terdapat ke dalam enam tingkat kognitif taksonomi Bloom revisi. Hasil dari penelitian ini adalah persentase soal untuk masing-masing tingkat kognitif adalah: C1 (0%), C2 (7,24%), C3 (62,32%) termasuk kedalam kategori rendah dan C4 (37,68%), C5 (0%), C6 (0%) termasuk kedalam kategori tinggi. Cakupan materi pada C1 (0%), C2(0%), C3(83,3%), C4(0%), C5(16,67%), C6(0%). Dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut belum memenuhi proporsi soal yang mendukung ketercapaian kompetensi dasar dan masih terdapat soal yang berkategori rendah.
Unduhan
Referensi
Anderson, L. W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of bloom’s taxonomy of educational objectives (A Bridged Edition). Boston: Addison Wisley Longman, Inc.
O’Keeffe, L. (2013). A framework for textbook analysis. International Review of Contemporary Learning Research, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.12785/irclr/020101
Allen, D., & Tanner, K. (2002). Approaches to Cell Biology Teaching: Questions about Questions. Cell Biology Education, Vol. 1, hlm. 63-67.
BSNP. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
BSNP. 2014a. Deskripsi Instrumen I Penilaian Buku Teks Matematika. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
Masduki. Subandriah, M.R. Irawan, D.Y. Prihantoro, A. 2013. “Level Kognitif soal-soal Pada Buku Teks Matematika SMP Kelas VII”, diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4
Nasrulloh, A.H. 2011. “Analisis Tingkat Kognitif Tes Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (Bse) Matematika Smp/Mts Kelas IX berdasarkan Berdasarkan Taksonomi Bloom” Skripsi, Universitas Jember.
Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Enschede: University of Twente
Rinawati. Utami, T.H. 2013.” Analisis Kesesuaian Soal-Soal Latihan pada Buku Teks Matematika Sma Kelas X Dengan Kompetensi Dasar Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom”, dalam Jurnal 425, KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia
Shield, M. & Dole, S. (2013). Assessing the potential of mathematics textbooks to promote deep learning. Education Study Mathematics, 82, 183-199.
Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosdakarya
Anderson, L.W. Krathwohl, D. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesment, diterjemahkan oleh: A. Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdikbud. 2013. Peraturan Pemerintah No.32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.