KONSEP DAN PERAN MOTIVASI DALAM BELAJAR MATEMATIKA
Abstrak
Tujuan penyusunan artikel ini adalah untuk mengkaji konsep dan peranan motivasi dalam pembelajaran matematika. Motivasi belajar merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam belajar, motvasi juga menjadi salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan sebagai bentuk dorongan, keinginan dan minat untuk memperoleh pengalaman yang baru dalam belajar, terutama dalam belajar matematika. Pesatnya perkembangan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada era Globalisasi menimbulkan adanya persaingan yang ketat untuk menciptakan peluang dalam mencapai tujuan hidup, sehingga siswa diharapkan mampu bersaing secara global sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Faktor-faktor eksternal dan internal juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan sebagai bentuk dari pengendalian motivasi belajar. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan motivasi belajar juga dilakukan beberapa perubahan atau kebiasaan dalam belajar, sehingga siswa dapat menciptakan ruang dalam belajar secara aktif dan kreatif dan memiliki motivasi yang terus menerus meningkat dalam belajar.
Kata kunci:
Motivasi Belajar Matematika
Unduhan
Referensi
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran . Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 93-196.
Gasong. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Depublish.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar . Jakarta : Bumi Aksara.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa . Bandung : PT Rosda Karya .
Mudjiman, H. (2007 ). belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). Surakarta : Uns Press.
Russefendi, E. (1998). Pengantar Kepada Pembantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sardiman, A. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta : Rajawali Press.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal Of Mathematic and Education Siennce) Vol 2 No 1 Oktober, 58-67.
Siagian, R. E. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar . Jurnal Formatif 2(1), 35-44.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjaji. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia . Bandung : Dirjen Dikti Depdiknas.
Uno, B. H. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya:Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di Sma Negeri 2 Banguntapan, Bantul. Skripsi.