ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari jawaban siswa dalam menyelesaikan soal sesuai dengan ranah kognitif Taksonomi Bloom pada materi bangun datar segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui tes dan wawancara. Partisipan terdiri dari 34 siswa kelas VIII. Pedoman yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar instrumen klasifikasi soal pada masing-masing level ranah kognitif Taksonomi Bloom.Terdapat enam level ranah kognitif diantaranya: Aspek pengetahuan C1, aspek pemahaman C3, aspek aplikasi C3, aspek analisis C4, aspek sintetis C5 dan aspek evaluasi C6. Dari keempat level soal yang diuji cobakan, siswa mengalami kelemahan pada level pemahaman C2 yang memiliki persentase paling rendah diantara keempat level tersebut. Berdasarkan analisis data, diperoleh presentase 73,53% untuk pengetahuan C1, 35,29% untuk pemahaman C2, 64,70% untuk aplikasi C3 dan 82,35% untuk analisis C4.
Unduhan
Referensi
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineke Cipta.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdiknas .
Gravetter, F. J., & Forjano, L. B. (2012). Research Methods for the Behavioral Sciences (Fourth Edition). USA: Cengage Learning.
Harsanto, R. (2005). Melatih Anak Berpikir Analitis, Kritis dan Kreatif . Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
JICA. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: URI.
Jogiyanto, H. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.
Kustandi, & Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital . Bogor: Ghalia Indonesia.
Muvarak. (2007). Promosi Kesehatan Sebuah Pengamatan Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.
Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Garut, 31-40.