ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MAJALAYA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan komunikasi matematis SMPN 2 Majalaya dengan menggunakan sampel penelitian 42 siswa Kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Alat yang digunakan adalah tes kompetensi komunikatif matematis lima soal esai. Dengan menggunakan indikator, yaitu written text dengan perolehan nilai pada soal no.1 sebesar 44,64%, dan pada soal no.2 sebesar 45,23% , untuk drawing memperoleh nilai pada soal no.5 sebesar 9,52% , dan untuk mathematical expression memperoleh nilai pada soal no.3 sebesar 44,04%, dan pada soal no.4 sebesar 23,21%. Hasil survei menemukan bahwa secara kuantitatif, Siswa yang masih berjuang untuk membenarkan jawaban mereka, siswa yang masih kesulitan menggambar, mengaitkan kejadian matematika dan kehidupan sehari-hari dan representasi simbolik, dan lain-lain. Ini mempengaruhi tingkat keterampilan komunikasi setiap siswa. Maka dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa tingkat keterampilan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Melalui komunikasi matematis yang baik dapat membantu siswa mencapai ketiga indikator tersebut dan khususnya pada pembelajaran matematika.