Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga
Abstrak
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu ketetampilan yang berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran matematika. Melalui komunikasi, siswa dapat bertukar pikiran atau pendapat dan mengklarifikasikan pemahamannya dalam pembelajaran di waktu yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkenaan dengan materi segitiga di tingkat SMP. Dalam penelitian ini melibatkan 39 siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Karawang. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan teknik sampling purposif. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari peneliti terdahulu berupa tes uraian berjumlah dua butir soal cerita yang mencakup indikator kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang disajikan dalam bentuk penyajian statistik deskriptif untuk memperoleh gambaran umum terkait kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi segitiga. Hasil dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan bahwa kecakapan siswa secara keseluruhan dalam komunikasi matematis termasuk rendah. Disamping itu, secara umum penguasaan siswa dalam memodelkan suatu masalah matematika, lalu merepresentasikan ke dalam rumus matematika hingga menyusun kesimpulan tergolong cukup baik.