Analisis Disposisi Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel

Penulis

  • Bila Zulfani Lestarie Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Redo Martila Ruli Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkatan disposisi matematis siswa kelas 11 pada materi pertidaksamaan linier dua variabel menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 di salah satu SMA di Kabupaten Karawang dengan sampel sebanyak 36 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen non tes berupa angket disposisi matematis yang terdiri dari 26 pernyataan yang mencangkup 1) rasa percaya diri; 2) rasa diri mampu; 3) rasa ingin tahu; 4) senang mengerjakan tugas matematik, rajin, dan tekun; 5) fleksibel; dan 6) reflektif. Hasil pada penelitian memberikan kesimpulan bahwa terdapat dua kategori tingkat disposisi matematis siswa pada materi pertidaksamaan linier dua variabel, yaitu baik dan kurang baik. Terdapat 19 siswa dengan kategori baik dan 17 siswa dengan kategori kurang baik atau 55,09% masuk kategori baik dan 44,91% masuk kategori kurang baik. Hal itu menunjukkan bahwa tingkat disposisi matematis siswa pada materi pertidaksamaan linier dua variabel tergolong baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Lestarie, B. Z., & Ruli, R. M. (2023). Analisis Disposisi Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Dua Variabel. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7694

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama