Analisis Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Penulis

  • Ridwan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan dengan mengetahui kemampuan pemahaman siswa SMP di Kabupaten Bogor sub materi bangun ruang sisi datar dalam penilaian Komunikasi Matematisnya. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VIII SMP YPPI Ar-Rahmah Ciawi tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara memilih salah satu kelas VIII yang ada di SMP YPPI Ar-Rahmah dengan subjeknya berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan pemahaman siswa, hasil angket tes siswa dan dokumentasi. Hasil tes dianalisis sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis, siswa.. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa kemampuan konunikasi matematis siswa SMP YPPI Ar-Rahmah dikategorikan sedang. Hal ini terbukti bahwa siswa cukup mampu menerapkan hasil pembahasan dalam bentuk argumen yang dirumuskan dengan baik, belum mampu menggambarkan bentuk soal yang dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari, serta cukup mampu untuk menghubungkan kehidupan nyata dalam bentuk gagasan pembahasan matematika, sehingga siswa Sebagian besar cukup mampu dalam mengisi instrument yang diberikan. Hasil yang didapat dari penelitian  adalah populasi sampel  siswa SMP di SMP YPPI Ar-Rahmah cukup memenuhi kriteria dalam komunikasi matematisnya sebesar 35%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-10

Cara Mengutip

Ridwan, & Marlina, R. (2023). Analisis Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7698

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>