Motivasi Belajar Matematis Pada Siswa Kelas VIII SMP

Penulis

  • Grace Agave Manihuruk Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran yang berlangsung. Apabila motivasi dalam belajar siswa rendah, memiliki kemungkinan bahwa siswa akan mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran Apabila siswa memiliki motivasi belajar yang baik dan tinggi, memiliki kemungkinan bahwa siswa akan mengerti dan paham dalam mengikuti pembelajaran. Namun, pada kenyataannya masih banyak tejadi pada remaja saat ini yang memiliki motivasi belajar yang rendah, terutama usia 12-17 tahun yaitu siswa peralihan dari SD ke SMP, selanjutnya peraihan siswa dari SMP ke SMA sudah seperti gejala yang sudah membudaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana motivasi belajar matematika siswa pada Sekolah Menengah Pertama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP yang berada di salah satu Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan sampel dengan cara random sampling dan diperoleh sampel 36 siswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan non-tes yang berupa kuisoner dengan menyebarkan angket skala likert yang terdiri dari 21 pernyataan mengenai motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase dari setiap jawaban siswa berdasarkan indikator yang kemudian diartikan ke dalam kriteria penilaian. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan tingkat motivasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama termasuk dalam kategori cukup baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-16

Cara Mengutip

Manihuruk, G. A., & Effendi, K. N. S. (2023). Motivasi Belajar Matematis Pada Siswa Kelas VIII SMP. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7777

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2