KATEGORISASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Penulis

  • Widha Daradika Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kemampuan penalaran matematis ini dikategorikan dalam tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Bekasi dengan sampel berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 7 siswa perempuan, dan 9 siswa laki – laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes, dengan instrumen yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 5 yang mewakili dari masing – masing indikator. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknis analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini, siswa masih belum memiliki penalaran matematis yang tinggi, karena dilihat dari indikator kemampuan penalaran matematis yang masih belum tercapai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Aulia, W. D., & Abadi, A. P. (2023). KATEGORISASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/8670

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>