ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR

Authors

  • Meliana Sabrina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kesulitan terhadap bagaimana siswa siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematis pada topik operasi hitung aljabar. Instrumen terdiri dari tes berupa dua soal yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis yang sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Metode yang dipakai dalam analisis ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian melibatkan subjek dari kelas IX A SMP Negri 2 Karawang Barat Tahun Pelajaran 2023/2024 yang diambil masing- masing setiap satu siswa dari kriteria tingkat pemecahan masalah tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes tertulis serta wawancara untuk menganalisis tingkat kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematis. Hasilnya menunjukkan bahwa jenis kesulitan bervariasi, dengan a). Subjek S35 tidak mengalami kesulitan, b.) Subjek S03 menghadapi kesulitan dalam perencanaan dan pengecekan kembali proses dan hasil penyelesaian, serta c). Subjek S08 mengalami kesulitan dalam pemahaman masalah, perencanaan, pelaksanaan rencana, dan pengecekan hasil penyelesaian.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-08

How to Cite

Sabrina, M., & Roesdiana, L. . (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR. Prosiding Sesiomadika, 5(4). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10271

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3