Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Persamaan Linear Ditinjau Dari Aspek Metakognitif

Authors

  • Akhmad Alif Nashrulloh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Nurus Sopiany Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Pemahaman dan penguasaan konsep matematika merupakan pilar utama dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian bertujuan untuk mendalami bagaimana siswa menerapkan metakognitif dalam menyelesaikan permasalahan matematis khususnya pada materi sistem persamaan linear satu variabel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket, tes uraian dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII.4 yang berjumlah 25 orang. Penentuan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sample. Berdasarkan temuan dan pembahasan dalam penelitian ini, kami menyelidiki kesadaran metakognitif siswa kelas VII. 4 SMP Negeri 21 Bekasi diklasifikasikan menjadi tiga kategori: kesadaran metakognitif tinggi, kesadaran metakognitif sedang, dan kesadaran metakognitif rendah. Hasil penelitian menunjukkan 9 siswa (36%) memiliki kesadaran metakognitif tinggi, 11 siswa (44%) dengan kesadaran metakognitif sedang, dan 5 siswa (20%) dengan kesadaran metakognitif rendah. Kesimpulannya adalah sebagian besar siswa di kelas VII.4 SMP Negeri 21 Bekasi yang menjadi subjek penelitian setidaknya memiliki kesadaran metakognitif baik sedang maupun tinggi, sebagian lagi memiliki kesaaran metakognitif yang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-08-09

How to Cite

Nashrulloh, A. A., & Sopiany, H. N. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Persamaan Linear Ditinjau Dari Aspek Metakognitif. Prosiding Sesiomadika, 5(3), 564–574. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10364

Most read articles by the same author(s)