Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Operasi Aljabar

Authors

  • Shabrina Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iyan Rosita Dewi Nur Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal pada materi operasi aljabar. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-Istanbul SMPIT Al Irsyad Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen tes uraian sebanyak 5 soal yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan materi unsur-unsur aljabar, perkalian, penjumlahan, dan pengurangan operasi aljabar yang hasilnya dianalisis dan kemudian didokumentasikan. Analisis data dalam penelitian ini berpacu pada pendekatan teori Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahap utama, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Data dari hasil penelitian berdasarkan masing-masing kategori kemampuan pemamahaman konsep, untuk kategori tinggi mendapatkan persentase sebesar 24%, kategori sedang sebesar 59%, dan kategori rendah sebesar 18%. Maka dapat disimpulkan pada materi operasi aljabar diperoleh hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik bermacam-macam dan sebagian besar tergolong kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-08

How to Cite

Hakim, S., & Dewi Nur, I. R. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Operasi Aljabar. Prosiding Sesiomadika, 5(4), 587–597. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/10395