Analisis Kemampuan Penalaran Proposional Pada Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Materi Perbandingan

Authors

  • Lia Khoiriah Pendidikan Matematika UNSIKA
  • Dadang Rahman Munandar Pendidikan Matematika UNSIKA

Abstract

 

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran proposional siswa SMP dengan materi perbandingan  Pelaksanaan penelitian ini di lakukan di SMPN 3 Karawang tepatnya di  kelas VIII – G pada tahun ajaran 2019/2020. Dengan populasi siswa sebanyak 40 siswa dan 20 siswa yang menjadi subjek penelitian. jenis penelitian ini adalah kualitatif  dengan pendekatan deskriptif instrument penelitian  berupa test kemampuan penalaran proposional, setiap nomor soal terdapat level penalaran proposional diantaranya level 1 kualitatif, level 2 aditif, level 3 pra – multikatif, level 4 multikatif implisit, level 5 multikatif. Instrument test yang telah Siswa isi lalu di analisis berdasarkan indicator dan strategi  penalaran proposional. tingkat kemampuan penalaran proposional Siswa di bedakan berdasarkan penilaian berupa tinggi, sedang dan rendah siswa menjawab instrument test. Berdasarkan hasil penelitian Bahwa pada penyelesaian soal penalaran proposional level kualitatif berada di kategori Sangat baik dengan presentasi 80%. Pada penyelesaian soal penalaran proposional berdasarkan level penalaran aditif berada di kategori cukup dengan persentasi 45%. Pada penyelesaian soal penalaran proposiona berdasarkan soal penalaran Pra – Multikatif berada di kategori cukup dengan persentasi 55%. Pada penyelesaian soal penalaran proposiona berdasarkan soal pelaran multikatif implisit berada di kategori cukup dengan persentasi 35%.Pada penyelesaian soal penalaran proposiona berdasarkan soal penalaran multikatif berada di kategori rendah dengan persentasi 10%. Maka dari ke – 5 soal yang di berikan berdasarkan indicator penlaran proposional dapat disimpulakn bahwa terdapat 1 kategori sangat rendah,1 berkategori rendah, 2 berkategori cukup dan 1 berkategori tinggi untuk penyelesaian soal penalaran proposional siswa.

 

Kata kunci:

Analisis kesalahan, Kemampuan Penalaran Proposional, Materi perbandingan

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi) Jakarta : Aneka Cipta

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.(Jakarta: Balai Pustaka, 2005)

Hanif, Wijayanto. 2018. Pendekatan Open – Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP (Penelitian Ekperimen Terhadap Siswa VII SMPN 1 MASARAN TAHUN 2017/2018). Naskah publikasi 1(1): 4-5

Irawati Novita.T. 2016. Pengembangan Paket Tes Kemampuan Penalaran Proposional Siswa SMP. Tesis. Universitas Jember

Johar. Rahma. Disertasi : “Pengembangan Level Penalaran Proposional Siswa SMP.” Surabaya Program Pasca Sarjana UNESA. 2015.

Lestari, N. Hartono, Yusuf. Purwoko. 2016. Pengaruh pendekatan Open – ended terhadap penalaran Matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Universitas Sriwijaya. Jurnal pendidikan matematika. Vol. 10. No. 1

Piaget, Jean & Barbel, Inhelder. 2008. Psikologi Anak Terj. Miftahul Jannah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Cet. 2008.

Pisa worldwide ranking. 2015 – 2016. Average score of math, science and reading. United States of Amerika. Dari web : www.oecd.org

Rahmi, Tasty Rosandi,Yetti Suriyati Dan Elindra Yatti. 2019. Model Penilaian Kemampuan Penalaran Proposional Pada Mahasiswa Calon Guru Anak Usia 6 – 7 Tahun. Universitas Negri Jakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3. No.2

Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published

2019-12-12

How to Cite

Khoiriah, L., & Munandar, D. R. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Proposional Pada Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Materi Perbandingan. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2437

Issue

Section

Artikel