Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII A SMP Karawang Barat dalam Menyelesaikan Soal Himpunan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIIIA SMP Krawang Barat dalam menyelesaikan soal soal dengan materi himpunan berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realitia Indonesia (PMRI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan atau menganalisis kemampuan matematis siswa berdasarkan jawabannya dari setiap soal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA SMP Karawang Barat tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan teknik pemilihan sampel Purpossive Sampling sehingga terpilihlah kelas VIIIA sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 butir soal dengan materi himpunan. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa dalam menyelesaikan soal soal yang diberikan.
Downloads
References
Bikan, S. (t.thn.). Aspek Aspek Kemampuan Komunikasi Matematika NCTM. Jurnal Pendidikan Matematika .
Herdian. (2010). Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika .
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika , 11.
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemmapuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika , 14.
Rahmah, N. S. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal Penididkan , 3.
Rahmawati, N. S., Bernard, m., & Akbar, P. (t.thn.). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal On Education , 347.
Sinaga, C. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Nasional , 6.