Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya

Authors

  • Limah Nurhasanh Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alpha Galih Adirakasiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah polya. Penelitian ini menggunakan 6 siswa dari 15 siswa diambil secara acak sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data diperoleh dari pemberian instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berada dalam 3 kategori, sebagai berikut: (1) Kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi siswa sudah mamapu memenuhi semua indikator pemecahan masalah yaitu memahami masalah, menyusun rencana, menyelesaikan rencana dan memeriksa kembali. (2) Kemampuan pemecahan masalah kategori sedang siswa hanya mampu memenuhi tiga indiktor pemecahan masalah yaitu memahami masalah, menyelesaikan rencana dan memeriksa kembali namun hanya mampu menuliskan kesimpulannya saja. (3) Kemampuan pemecahan masalah kategori rendah siswa tidak mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah  yaitu siswa tidak memahami masalah, tidak menyusun rencana, tidak menyelesaikan rencana dan tidak memeriksa kembali hasil jawaban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2007). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar. Supremum Journal of Mathematics Education, 77-83.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika.

Febriana, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI Pada Materi Program Linear. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5.

Hasanah, F. N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matri Segi EmpaT dan Segitiga Kelas VII SMP Negeri 1 Gatik Tahun Ajaran 2017/2018. Naskah Publikasi, 11-12.

Helambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar Ditinaju dari Teori Van Hiele. Tesis.

Indriyani, F., Nurcahyono, N. A., & Agustini, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Langkag Ideal Problem Solving. Pythagoras, 56-67.

Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berfikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung: ALFABETA.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Nurjanatin, I., Sugundo, G., & Manurung, M. M. (2017). Analisis Kesalahan Pesrta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII-F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 22-31.

Putra, H. D., Putri, W. A., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. Supremum Journal of Mathematics Education, 60-70.

Wiwin, T. T., & Mogi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ssiswa dalam Menyelesaikan Soal Rata-rata Hitung. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy, 234.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 137-144.

Published

2019-12-12

How to Cite

Nurhasanh, L., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2762

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>