FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA
Abstrak
Artikel ini memperlihatkan tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik setelah menerima pengalaman pembelajaran yang akan menghasilkan perubahan tingkah laku. Sebagai hasil dari belajar yang dianggap penting dan dapat mencerminkan hasil dari belajar tersebut, baik dari aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Dalam mendapatkan hasil belajar setiap proses pembelajaran memiliki faktor-faktor yang memberikan dampak hasil belajar siswa. Keinginan/dorongan dan ketertarikan siswa dalam belajar merupakan salah satu kunci untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Tinggi rendahnya hasil belajar matematika yang menimbulkan banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya (1) faktor internal yaitu yang berasal dari dalam diri siswa, seperti kurangnya minat dan motivasi peserta didik saat pembelajaran matematika (2) faktor eksternal yaitu yang berasal dari luar diri siswa, seperti metode guru yang tidak menarik bagi peserta didik.
Kata kunci:
Hasil belajar, Siswa
Unduhan
Referensi
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni, 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media
Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 77 Tahun 2008
Tentang Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)
Tahun Pelajaran 2008/2009. Jawa Timur.
Djaaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Husni, Latifah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan Hasil belajar Matematika. Jurnal Edukasi Musi Rawas. Vol.4 (1): hal.125-144.
Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:
Bumi Aksara, 2000.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Rev. ed). Jakarta:
Rineka Cipta.
Soedjana, Nana 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sujarweni, V.Wiratna. 2014. Metodeologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press