Kemampuan Literasi Numerasi Pada Materi Persamaan SPLDV Siswa SMP

Penulis

  • Ladyanna Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi pada siswa tingkat SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII B di SMPN 1 Karawang Timur dengan penedekataan kualitatif metode deskritif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes indikator kemampuan literasi numerasi yang berupa soal cerita dalam bentuk uraian dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil analisis penelitian data mendapatkan kesimpulan yaitu, 1) Siswa dengan kategori tinggi dapat menulis sebuah konsep dan menuliskan ulang diketahi dan ditanyakan pada soal. 2) Siswa dengan kategori sedang hanya tidak mampu menuliskan kesimpulan yang ada pada jawaban. 3) Siswa dengan kategori rendah, siswa tidak dapat menyatakan ulang sebuah konsep, seperti menuliskan diketahui dan ditanyakan, serta tidak dapat menuliskan kesimpulan dari jawaban. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi numerasi dari 21 siswa menunjukkan kategori tinggi dengan skor rata-rata 21,36.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Kurniawan, L., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi Pada Materi Persamaan SPLDV Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7622