Analisis Lingkungan Belajar pada Pembelajaran Matematika di SMA

Penulis

  • Sondha Wasistha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Lingkungan belajar merupakan sebuah kondisi yang dapat mempengaruhi karakter subjek didalam pembelajaran. Lingkungan belajar menjadi salah satu faktor pendukung terpenting bagi siswa dalam menunjang suatu keberhasilan pembelajaran matematika. Semakin suportif lingkungan belajar siswa, maka semakin meningkat keberhasilan pembelajaran yang siswa dapatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui situasi dan kondisi lingkungan belajar pada pembelajaran Matematika di SMA. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 4 Karawang, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes angket untuk menentukan indikator yang sangat mempengaruhi pembelajaran matematika siswa yang kemudian dianalisis situasi dan kondisi lingkungan belajar siswa, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Karawang Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) menunjukkan bahwa rata-rata situasi dan kondisi lingkungan belajar yang dimiliki siswa masih terbilang kurang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-10

Cara Mengutip

Wasistha, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Lingkungan Belajar pada Pembelajaran Matematika di SMA. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/7877

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>