UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI TKIT AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/solusi.v2i05.179Abstrak
Pembinaan pada dasarnya berkaitan dengan fungsi-fungsi dan usaha-usaha untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna manusia dalam proses kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Hal tersebut terutama dilakukan melalui usaha menciptakan suasana atau iklim kerja yang mampu memotivasi pengembangan potensi secara optimal.Tujuan pembinaan disusun oleh kepala sekolah untuk mengembangkan kemampuan guru agar dapat melaksanakan tugas menjadi lebih baik, lebih efektif dan memiliki pandangan yang lebih luas, dilengkapi dengan kemampuan dan keterampilan yang lebih baik.Pembinaan guru di sekolah adalah tanggung jawab para pemimpin di lembaga pendidikan dan kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan terdekat dengan guru yang lebih mengetahui keadaan guru-guru tersebut. Kepala sekolah dituntut untuk melakukan pembinaan kepada guru pada setiap kesempatan agar dapat meningkatkan kualitas kinerja dalam melaksanakan tugasnya mengelola proses kegiatan belajar mengajar.
Itulah sebabnya pembinaan yang diberikan oleh kepala sekolah kepada guru, meliputi pembinaan pengetahuan, wawasan, kreativitas, komitmen, serta disiplin, sehingga proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berlangsung lebihbaik, efektif, dan efisien. Sudah barang tentu pembinaan tersebut akan lebih berhasil secara optimal, apabila kepala sekolah memiliki keterampilan khusus dalam melaksanakan pembinaan dimaksud
Aspek yang di bina sebagai berikut :
- Kompetensi pedagogik
- Kedisiplinan
- Kompetensi sosial dan pribadi
- Keterampilan
Â
Keyword : Pembinaan pedagogik guru TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 1996.
_________________, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, PT. Rineka Cipta, Jakarta,1998.
Dajan,Anto, Metode Statistik I, Pustaka LP3ES, Jakarta, 2000.
Daryanto. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Gaya Media, 2011.
Doneley, H. James, James L. Gibson and John M. Ivancevich. Fundamentals of Management, Texas : Business Publication, 1987.http://adesuherman.blogspot.com/2014/06/pembinaankepalasekolah.html
Idris, Zahara dan Lisma Jamal.Pengantar Pendidikan(Jakarta : Grasindo, 1992).
Jillian Rodd, Leadership in Early Childhood, Allen & Unwi, Singapore, 1999.
Kartono, Kartini, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Mandar Maju, Bandung, 1990.
Lexy J, Maleong. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya. 2001
Majlis Luhur Persatuan Taman Siswa Yogyakarta, Karya Ki Hajar Dewantara,Taman Siswa, Yogyakarta, 1977.
zangunharja, Pembinaan Kepala Sekolah Yogyakarta : AndiOffset, 2000.
Maryono. 2011. Dasar-dasar dan Teknik menjadi Supervisor Pendidikan. ARRuz MEDIA
Mulyasa.Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005
Myrnawati Crie Handini, MS, PKK, dr, DR, Prof, Metodologi Penelitian untuk Pemula, FIP Press, Jakarta, 2012
Nadjamuddin Ramly, MembangunPendidikan yang Memberdayakan dan Mencerahkan, Jakarta Grafindo Khazanah Ilmu, 2005
Nana Sudjana, H, DR, Prof, Teori Belajar untuk Pembelajaran, BM Publishing, Bandung, 2008.
Nazir, Moh, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1988.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pencapaian Pendidikan Anak Usia Dini
Pupuh Fathurrohman dan A.A. Suryana. 2011. Supervisi Pendidikan. Bandung: Aditama
Purwanto, M. Ngalim, Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 1993
Robbin, P. Stephen Perileku Organisasi Terjemahan Hadyana Pujaatmaka, Jakarta : Prenhallindo, 2001.
Sudjana, H, D, Prof. Manajemen Program Pendidikan, Bandung: Falah, 2010
Undang-undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003
Undang-undang No14 Tentang Guru dan Dosen Tahun 2006
Veithzal Rivai dan Sylviana Murni, 2009. Education Manajemen (Analisis Teori
Dan Praktik) Jakarta: Rajawali Pers
Watkins, G. Gordon, et.all. The Managementof Personnel and Labor Relation, Prentice Hall : Newyork, 1978.