STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI MAHASISWA BERBASIS KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Authors

  • Edi Suswardji
  • Ina Ratnasari

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v11i25.30

Abstract

Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi senantiasa terus berupaya meningkatkan kinerja dengan memberikan pelayanan yang baik dalam rangka memuaskan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan, motivasi dan kualitas pelayanan administrasi mahasiswa yang diberikan oleh tenaga administrasi di Universitas Singaperbangsa Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga administrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan pegawai bagian administrasi di universitas Singaperbangsa Karawang berada pada skala 166,23. Motivasi tenaga administrasi di universitas Singaperbangsa Karawang berada pada skala 144,8. Kualitas pelayanan tenaga administrasi di universitas Singaperbangsa Karawang berada pada skala 150,5. Kemampuan memiliki pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan administrasi mahasiswa sebesar 29,2%. Motivasi memiliki pengaruh positif dan cukup kuat terhadap kualitas pelayanan admisnitrasi mahasiswa sebesar 59,3%. Secara bersama-sama kemampuan dan motivasi kerja pegawai berpengaruh positif dan kuat terhadap kualitas pelayanan adminstrasi mahasiswa sebesar 60,4%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini sebesar 39,6%.
Berdasarkan hasil analisis deskripsi, diketahui faktor-faktor yang harus dipertahankan serta ditingkatkan. Untuk variabel kemampuan diketahui bahwa keterampilan dan pengetahuan karyawan bagian administrasi tinggi namun perlu untuk ditingkatkan agar menghasilkan pelayanan yang lebih optimal. Untuk variabel motivasi diketahui bahwa harapan dan insentif yang selama ini karyawan rasakan tinggi, hanya pada dimensi motif cukup tinggi sehingga memerlukan upaya untuk meningkatkan motif karyawan dalam bekerja. Untuk variabel kualitas pelayanan dari dimensi kenadalan, responsivitas, jaminan, empati dan bukti fisik menurut karyawan tinggi, namun diperlukan upaya untuk meningkatkan lagi agar Unsika mampu bersaing ditingkat nasional dengan pelayanan yang prima atau sangat memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap, Tri Rosa Indah. 2003. Penelitian dengan Judul “Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Tembakau Deli Medan Tahun 2003â€. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara.

Herman Sofiyandi. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Husein Umar. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tenis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta, Rajawali Press.

I Ketut Aryawan Sudirga. 2011. Tesis dengan judul “Analisis Motivasi Dan Kepuasan Kerja Pada Perusahaan Kontraktor Di Kabupaten Jembranaâ€. Pasca Sarjana Teknik Sipil, Universitas Udayana.

Iqbal Hasan. 2008. Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Infresif). Jakarta, Bumi Aksara

Juanim. 2004. Analisis Jalur dalam Riset Pemasaran, Teknik Pengolahan Data SPSS & Lisrel. Bandung, Fakultas Ekonomi UNPAS.

Kotler, P and K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakart,. Indeks.

______________________ . 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta, Erlangga.

Lubis, Khoirul Akhir. 2008. Tesis dengan judul Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunana Nusantara IV Medan. Ilmu Manajemen. Program Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara.

Made Karepesina. 2007. Tesis dengan judul “Pengaruh Motivasi Kerja Aparat Terhadap Kualitas Layanan Civilâ€. Magister Program Studi Ilmu-Ilmu Sosial Bidang Kajian Utama (BKU). Ilmu Pemerintahan. Program Pascasarjana. Universitas Padjajaran

Maltis, R. L. and J. H. Jackson. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 10. Jakarta, Salemba Empat.

Mangkuprawira, Sjafri. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Cetakan Kedua. Jakarta , Ghalia Indonesia.

Moh. Nazir. 2005. Metodelogi Penelitian. Jakarta, Ghalia Indonesia.

Moh. Sidik Priadana, Saludin Muis. 2009. Metodoogi Penelitian Ekonomi & Bisnis. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Putu Hella Mey Artha. 2011. Tesis dengan judul “Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kualitas Pelayanan Karyawan PT PLN Persero Distribusi Baliâ€. Magister Manajemen. Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Rahmat Darmawan. 2009. Tesis dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pegawai Pada Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Kantor Wilayah DJP Jakarta Timurâ€. Program Pascasarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia.

Rahmat Nurcahyo, Sik Sumaedi. 2011. dengan judul penelitian Studi Penerapan Iso 9001 Pada Layanan Administrasi Di Perguruan Tinggi XYZ, Study On Implementation of

ISO 9001 in Higher Education XYZ on Administration Services . Jurnal Standarisasi, Volume 13, No. 3, Tahun 2011.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung, Alfabeta.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasi. Yogyakarta, Penerbit Andi.

Sudarmanto, R. Gunawan. 2005. Analisis Regresi Berganda dengan SPSS. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Sugiyono, 2001. Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta.

T. Mansyur. 2008. Tesis dengan Judul “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Bagian Bina Sosial Setdako Lhokseumaweâ€. Pasca Sarjana, Universitas Sumatera Utara.

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management, Mewujudkan Pelayanan Prima, Yogyakarta, Penerbit ANDI.

Veithzal Rivai, Ella Jauvani Sagala, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Dari Teori Ke Praktik. Jakarta, Rajawali Pers.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta, Rajawali Pers.

Undang-Undang/Peraturan Lainnya :

Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi dan Penjelasannya.

Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kualifikasi Kerangka Nasional Indonesia

Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan beserta penjelasannya

Published

2012-12-01

How to Cite

Suswardji, E., & Ratnasari, I. (2012). STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI MAHASISWA BERBASIS KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 11(25). https://doi.org/10.35706/solusi.v11i25.30