MEMAHAMI MUTU DALAM KAITAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.35706/solusi.v10i20.375Abstract
Dosen pada Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang Abstract:
Mutu adalah sebuah konsep upaya konsisten dan berkelanjutan dalam mewujudkan tercapainya kebutuhan dan kepuasan pelanggan ( Sallis: 2005). Bermula konsep ini dari dunia industri yang kemudian merambah dan diterapkan dalam dunia pendidikan. Pendidikan adalah usaha sadar secara terus menerus yang bertujuan berkembangnya potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab ( UU Sisidiknas no 20 psl 6/2003.) mutu pendidikan adalah keberhasilan totalitas layanan manajemen pendidikan dalam menghantarkan peserta didik untuk memiliki nilai nilai yang bermakna bagi kehidupannya.
Tinjauan pustaka ini bertujuan untuk : (1). Alternatif pilihan bagi para pendidik dalam upaya akselerasi mutu pendidikan, (2). Alternatif pilihan para pemimpin pendidikan dalam mengembangkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS),(3). Alternatif pilihan bagi para penyelenggara pendidikan termasuk UNSIKA, dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan yang menjadi dambaan Masyarakat.
Kata kunci : Mutu, mutu pendidikan, manajmen berbasis sekolah (MBS).
Downloads
References
Himpunan perundang undangan tentang OTDA 2004-2005, penerbit “ Citra umbara” Bandung.
Hari Suderadjat, (2005),” Manajemen Peningkatan Mutu berbasis Sekolah “ (MPMBS) , CV, Cipta Cekas Grafika , Bandung.
Undang-undang Republik Indonesia No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Undang-undang Republik Indonesi no 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Departemen Agama, Direktorat Jendral Pendidikan Islam tahun 2006.
Sallis, Edward (1993): Total Qualiti Management in Education, Kogan page Ltd, London.
Depdiknas (2002): pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup dengan pendekatan BBE.
Creech, Bill ( 1996) : Lima Pilar Manajemen Mutu Terpadu (TQM). Binarupa Aksara,
Jakarta.
Sanusi, Achmad, (1990); Beberapa Demensi mutu pendidikan, Fakultas pasca Sarjana, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Bandung.
Mulyana, Rohmat (2004): Mengartikulasikan pendidikan Nilai Alfabeta, CV. Bandung.
Mulyana, R. (1996); Upaya Guru dan Kepala Sekolah dalam membina Imtaq, Thesis , Bandung, Program Pasca Sarjana IKIP , Bandung.