PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARED DAN LOYALITAS PASIEN
DOI:
https://doi.org/10.35706/syji.v3i02.267Abstract
Abstrak
Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dapat terpenuhi dan memuaskan pengguna layanan.Dan untuk mewujudkan hal tersebut dengan membangun Knowledge Management System(KMS) untuk pelayanan prima dengan metode “RATER†dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dan akan dihadapi oleh rumah sakit terutama dalam pelayanan dan kepuasan pasien yang berkunjung pada rumah sakit dan kinerja dari personel rumah sakit dalam pelaksanaan standar pelayanan kepada pasien sebagai upaya peningkatan market shared dan loyalitas pasien dengan menggunakan metode Balanced ScoreCard(BSC).  Â
Kata kunci : Pelayanan, Rumah Sakit, KMS, Rater, BSC
Downloads
References
Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : Andi Offset.
Albers, James 2009, A Practical Approach to Implementing Knowledge Management, Journal of Knowledge Management Practices Vol 10 no 1 march 2009, online di www.tlnaic.com
Fathoni,Inda Kesuma S, , 2 Juli 2011, Pengembangan Model Sistem Informasi Penilaian Kinerja Rumah Sakit, Seminar Nasional Informatika 2011 (semnasIF 2011),UPN â€Veteran†Yogyakarta
Gaspersz, Vincent, 2003. Sistem Manajemen Kinerja terintegrasi Balance Scorecard dengan Six Sigma untuk organisasi bisnis dan pemerintahan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Griffith, John R and King, John G, 2000. Championship Management for Healthcare Organization. Journal Of Healthcare Management Vol. 43. (Jan/Feb 2000).
Kaplan, Robert S, dan David P Norton, 1996. Translating Stategy Into Action The Balanced Scorecard. Boston : Harved Business School Press.
Kolter P 2000, Marketing Management Millenium Edition, John Wiley & Sons Inc,
Mulyadi, Jhony Setiawan, 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta : Andi Offset.
Pressman, Roger, 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Yogyakarta : Andi Offset.
Umar, Husein, 2002. Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta : Gramedia
Wijono, Djoko, 1999. Organisasi dan Manajemen Kesehatan. Surabaya : Airlangga University Press