PERANCANGAN E-COMMERCE ACCESSORIES HANDPHONE BERBASIS KOMPONEN
DOI:
https://doi.org/10.35706/syji.v3i02.282Abstract
Abstrak
Â
Kebutuhan untuk memperluas pasar sasaran seringkali mengalami hambatan dengan keterbatasan sumberdaya manusia, fasilitas perusahaan dan hambatan dalam pemrosesan data transaksi bisnis. Meningkatnya biaya operasional, sulit menjangkau pasar yang lebih luas, jaminan pelayanan informasi yang terbatas, tidak efektifnya media promosi karena masih menggunakan brosur, diseminasi informasi cenderung tidak efektif, keterbatasan aksesibilitas tempat usaha dan kesulitan membangun personalisasi konsumen. Tujuan penelitian menghasilkan sistem pemasaran yang memberikan kemudahan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan biaya yang relatif lebih efektif dan personalisasi konsumen. Perancangan aplikasi E-Commerce menggunakan model sekuensial linier dengan pendekatan waterfall. Penelitian ini menghasilkan aplikasi E-Commerce accessories handphone berbasis komponen yang dapat memberikan kemudahan digitisasi pemasaran secara online tanpa bergantung kepada tempat dan waktu. Arsitektur aplikasi E-Commerce memfokuskan kepada penggunaan komponen menggunakan kerangka CSS (Cascading Style Sheet), PHP (Personal Home Page), javascript framework, jQuery, CI (CodeIgniter), dan memberdayakan MVC (Model View Controller). Pengujian aplikasi E-Commerce menggunakan functional test. Perangkat lunak untuk melakukan functional test adalah Lime. Teknik Lime sudah terintegrasi dengan kerangka Symfony untuk bahasa pemrograman PHP sehingga mudah proses pengujiannya.
Â
Kata Kunci : E-Commerce, MVC CodeIgniter, Komponen, Pendekatan Waterfall
Downloads
References
Afsar, A., Nasiri, Z., & Zadeh, M. O. (2013). E-loyalty Model in e-Commerce. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(9), 547-553.
Fristanto, H. T., & Sukadi. (2013). Pembuatan Website Promosi Dan Pemesanan Produk Pada Home Industri Agro Santoso Jamur Punung Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, 2(3), 1-5.
Karmawan, I. M., Sundjaja, A. M., & Luhukay, D. (2010). Analisis dan Perancangan E-Commerce PD. Garuda Jaya. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2010), B-17 - B-22.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2013). E-Commerce 2014: Business, Technology, Society (Tenth ed.). Prentice-Hall, Inc.
Li, Y., & Yang, R. (2014). New Business Model for Company to Win the Competition. American Journal of Industrial and Business Management, 4, 190-198.
Mohapatra, S. (2013). E-Commerce Strategy: Text and Cases (Springer Texts in Business and Economics). New York: Springer.
Rejeki, R. S., Utomo, A. P., & Susanti, S. S. (2011). Perancangan dan Pengaplikasian Sistem Penjualan Pada Distro Smith Berbasis E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, 16(1), 150-159.
Rudy, W., A. P., O., A., & Octaffany. (2011). Model Bisnis dan Antarmuka Pelanggan E-Commerce Pada PT. SMG. ComTech, 2(1), 89-98.
Schneider, G. (2012). Electronic Commerce (Tenth ed.). Cengage Learning.
Shelly, G., & Rosenblatt, H. (2012). System Analysis and Design (Ninth ed.). Course Technology, Cengage Learning.
Turban, E., & Volonino, L. (2011). Information Technology for Management: Improving Strategic and Operational Performance (Eighth ed.). John Wiley & Sons, Inc.
Turban, E., King, D., & Lang, J. (2010). Introduction to Electronic Commerce (Third ed.). Prentice-Hall, Inc.
Xiaohui, G., Rong, G., Jianyu, W., & Chongning, H. (2014). Key Technology of Distributed E-commerce System Architecture. TELKOMNIKA Indonesian Journal of Electrical Engineering, 12(5), 3987-3993.