Data Mining Pengelompokan Bidang Keahlian Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus : Universitas Cic Cirebon)
DOI:
https://doi.org/10.35706/syji.v9i1.3472Abstract
Abstrak. Pada proses perkuliahan, setiap mahasiswa mengikuti semua matakuliah yang telah disediakan oleh pihak kampus. Dari seluruh matakuliah yang ada, beberapa matakuliah membentuk keahlian mahasiswa, seperti keahlian programing, database atau networking. Namun dikarenakan mahasiswa harus mengikuti seluruh proses pembelajaran tersebut, maka mahasiswa sulit mengetahui keahlian apa yang perlu mereka fokuskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan mahasiswa, agar mahasiswa tahu keahlian apa yang perlu mereka tingkatkan atau kembangkan. Dalam penelitian ini dilakukan pengolahan data nilai-nilai matakuliah yang membentuk keahlian mahasiswa, diambil dari mahasiswa semester 5. Data akan di uji dengan menggunakan proses Data Mining dengan algoritma K-Means. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, diperoleh pengelompokan mahasiswa berdasarkan keahliannya dengan jumlah iterasi sebanyak 3 kali iterasi. Selanjutnya dari pengujian tersebut, dilakukan pengujian juga dengan menggunakan aplikasi Tanagra, dimana dihasilkan jumlah iterasi dan jumlah anggota kelompok dalam cluster adalah sama, dengan akurasi sebesar 80%. Maka penggunaan Datamining dengan algoritma K-Means mampu mengelompokkan mahasiswa berdasarkan keahliannya.
Kata kunci:Data mining, Clustering, K-Means, Keahlian.