Penerapan Case Based Reasoning (CBR) dalam Pembuatan Sistem Rekomendasi Judul Gim

Authors

  • Made Hanindia Prami Swari UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Vinza Hendi Satria UPN "Veteran" Jawa Timur
  • I Kadek Susila Satwika STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v10i1.5194

Abstract

Pemilihan gim yang ingin dimainkan merupakan hal yang cukup kompleks, mengkombinasikan antara spesifikasi dengan atribut lainya dari game bukanlah hal yang mudah, apalagi jika dilihat dari jumlah gim ada sekarang akan membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan gim yang sesuai keinginan pemain. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem rekomendasi yang dapat setidaknya membantu pemain untuk mengenali gim-gim yang mereka inginkan. Hasil penelitian adalah sebuah sistem sederhana yang menerapkan konsep CBR yang berisi beberapa judul gim multi-platform yang bekerja menggunakan rumus KNN ( K-Nearest Neighbor ). Melalui pembuatan sistem ini, maka pemain dapat
menemukan gim yang sesuai hanya dengan memasukkan aspek-aspek yang mengklasifikasikan sebuah gim ke dalam sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-28

How to Cite

Swari, M. H. P., Satria, V. H., & Satwika, I. K. S. (2021). Penerapan Case Based Reasoning (CBR) dalam Pembuatan Sistem Rekomendasi Judul Gim. Syntax : Jurnal Informatika, 10(01), 33–45. https://doi.org/10.35706/syji.v10i1.5194

Issue

Section

Artikel