PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH MAKAN SAUNG ENDAH KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/value.v2i1.1217Abstract
Kepuasan Pelanggan merupakan Sikap keseluruhan yang dimiliki konsumen terhadap barang atau jasa setelah mereka memperoleh dan menggunakannya. Kepuasan Pelanggan dapat dipengaruhi oleh Kualitas Pelayanan. Kualitas Pelayanan merupakan strategi utama untuk dapat memenangi persaingan pada industri bisnis rumah makan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu khususnya : Manajemen, Manajemen Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriftif dan verifikatif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan metode Incidental Sampling dengan jumlah sampel 233 responden dari populasi 700 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan :
- Kualitas Pelayanan yang diberikan oleh RM Saung Endah Karawang, berdasarkan hasil analisis indikator-indikator, diperoleh berada pada garis rentang skala 792,2-987,6 dan dinilai baik.
- Kepuasan Pelanggan berdasarkan hasil analisis indikator-indikator, diperoleh berada pada garis rentang skala 792,2-978,6 dan dinilai puas.
- Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 13,4 %.
Downloads
References
Buku:
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Ke-9. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta
Hasibuan, Malayu SP. 2011. Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Cetakan Ke-9. Jakarta: Bumi Aksara
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-13. Jakarta: Erlangga
Nasution. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Cetakan Ke-3. Bogor: Ghalia Indonesia
Riduwan dan Engkos Ahmad Kuncoro. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung. Alfabeta
Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Bandung : Alfabeta
Robbins, P. Stephen & Mary Coulter. Manajemen. Edisi Ke-10. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2012. Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta
________. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Cetakan Ke-1. Edisi Ke-2.Bogor: Ghalia Indonesia
Tanjung, Hendri & Syamsul Ma’arif. 2003. Manajemen Operasi. Jakarta: PT Gramedia
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Ke-2. Yogyakarta: Andi
____________. 2005. Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta : Andi
____________. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi
Umar, Husein. 2009. Study Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Winarsih, Atik Septi & Ratminto. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Cetakan Ke-6 Yogyakarta: Ekonisia
Sumber Internet:
Indikator Jumlah Penduduk. 2013 http://karawangkab.bps.go.id/
Persaingan Bisnis. 2012. http://female.kompas.com/
BPS Restoran. 2012. http://www.blog.renggagumilar.com/daftar-rumah-makan-di-kabupaten-karawang/#sthash.txt8gzfM.dpbs
Industri Kreatif Dunia Kuliner. 2012. http://www.academia.edu/3823379/
Perkembangan retoran Karawang. 2012. http://www.parekraf.go.id/
Pertumbuhan Foodservice Nasional. 2014. http://www.tribunnews.com/bisnis/2
http://www.karawangkab.go.id/tags/disbudpar
Rekapitulasi Jumlah Penduduk. 2013. http://karawangkab.bps.go.id/
http://kpu.go.id/dmdocuments/%288.1.2013%29%20JABAR.pdf
Jurnal :
Jaisy Agniarahim Putritamara. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Brand Image pada Rumah Makan Ayam Penyet Suroboyo. Universitas Brawijaya Malang
Ndaru Prasastono & Sri Yulianto. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di KFC Semarang Candi. Universitas Stikubank Semarang
Qingqing Tan. 2014. Service Quality and Customer Satisfaction Chinesse Fast Food Sector. University of Wolverhampton
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
-