PENGARUH CITRA MEREK SUZUKI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DEALER XYZ
DOI:
https://doi.org/10.35706/value.v2i1.1222Abstract
Adapun tujuan untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan penomena serta kesimpulan tentang pengaruh kedua variabel tersebut diatas, terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer XYZ.
Penelitian ini di harapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu ekonomi khususnya manajemen, manajemen pemasaran, citra merek, kualitas pelayanan, dan keputusan pembelian.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu Mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Dengan jumlah sampel 100 responden dari 1575 populasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Aanalisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan Method of Successive Interval (MSI), Program Komputer Microsoft Excel 2007, dan SPSS versi 16. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut :
- Citra Merek Suzuki pada pada Dealer XYZ sebesar 350,46 berada pada kriteria setuju.
- Kualitas Pelayanan pada Dealer XYZ sebesar 344,6 berada pada kriteria setuju.
- Keputusan Pembelian pada Dealer XYZ sebesar 338,13 berada pada kriteria cukup setuju.
- Terdapat hubungan antara citra merek dengan kualitas pelayanan.
- Terdapat pengaruh parsial antara citra merek terhadap keputusan pembelian 50,5% dan terdapat pengaruh parsial antara kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Dealer XYZ sebesar 25,8%.
- Terdapat pengaruh simultan antara citra merek dengan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Dealer XYZ sebesar 48,7%.
Dari uraian diatas, saran yang direkomendasikan antara lain adalah tetap mempertahankan citra merek agar kualitas pelayanan terus dilakukan secara maksimal menyeluruh serta menjadi penyeimbang dan pelengkap terhadap faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada Dealer XYZ.
Downloads
References
Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen ,GrahaIlmu, Jakarta. Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, BadanPenerbitUniversitasDiponegoro,Semarang.
Hapsari, T Niken.2010. Seluk Beluk Promosi Dan Berbisnis, A Plus Books Yogyakarta.
Kotler, Philip. Kevin Lane Keller.2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Kotler,Philip.KevinLaneKeller.2008.Manajemen Pemasaran.Edisi 13.Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12.Jakarta : PT Macana Jaya Cemerlang.
Riduan. Engkos Achmad Kuncoro. 2008. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur. Bandung : Alfabeta
Prisgunanto, Ilham. 2006 Komunikasi pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia
Laksana, Fajar.2008.Manajemen Pemasaran. EdisiPertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Suryani,Tatik.2008.Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran, GrahaIlmu,Yogyakarta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy.2008. Manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta.
Jurnal :
Apriyani, Yeni. 2012. Pengaruh Brand Image Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut Di KotaPadang
Winda Prandini, Adhi Laksista. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Minat Beli Ulang Pada Lestoran Kentucky Fried Chicken (KFC)
Idris, Hendra Noky Andrianto. 2013. Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil jenis MPV Merk Toyota Kijang Inova di Semarang
Sumber Internet :
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
-