PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANGKRINGAN DI KARAWANG KOTA

Authors

  • Fifi Franto

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v3i1.1540

Abstract

Semakin berkembangnya usaha kuliner sering kali dikaitkan dengan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi. Hal ini sering dihubungkan dengan pekerja atau seseorang yang sibuk melakukan aktivitas di luar rumah, baik itu untuk mencari makanan atau minuman. Akan tetapi menu makanan yang menarik bukan menjadi prioritas yang utama lagi. Kenyamanan juga sangat berpengaruh dalam menentukan keputusan, selain itu juga dengan adanya fasilitas tambahan menjadi nilai positif terhadap usaha kuliner tersebut.
Adapun tujuannya, untuk memperoleh bukti – bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang pengaruh experiential marketing, terhadap keputusan pembelian pada angkringan di Karawang Kota.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yaitu : mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel 317 responden dari populasi 3355 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analsis jalur dengan bantuan Method of Successive Interval (MSI), program komputer Microsoft Excel, dan SPSS. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : Experiential Marketing pada angkringan di Karawang Kota berada pada kriteria baik, keputusan pembelian pada angkringan di Karawang Kota berada pada kriteria setuju. Terdapat pengaruh secara parsial antara experiental marketing terhadap keputusan pembelian koefisien jalurnya yaitu sebesar 0,395

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Cetakan Kedelapan. Bandung: Alfabeta

Handoko,T.Hani. 2009. Manajemen. Edisi ke 2. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kartajaya, Hermawan. 2003. Marketing In Venus. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi duabelas jilid satu. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi tigabelas Jilid satu. Indonesia : PT Indeks.

Lenderman, Max. 2006. Experience The Message How Experiential Marketing Is Changing The Brand World.New york: Carrol & Graf Publishers.

Riduwan dan Engkos Ahmad Kuncoro. 2014. Cara Mudah Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) Cetakan kesembilan. Bandung:Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2004. Pemasaran Strategik. Jakarta: Inti Prima Promosindo.

Suprapto, J dan Nandan Limakrisna. 2011. Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Jakarta : Mitra Wacana Media

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Manajemen & Strategi Merek. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Usman,Husaini. 2013. Manajemen:teori,praktik,dan riset pendidikan. edisi ke 4. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk & Jasa.Yogyakarta: Ekonisia

Jurnal :

Almira Yusrina Idelle.2012. Analisis Pengaruh Harga dan Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Danapaint Jakarta (Studi Kasus Di Mitra 10 Jakarta). Jakarta. Binus

Atina Arlia Wardani.2011. Analisis Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Derajat Celcius). Semarang. Undip

Cepi Nurdiansah.2013. Analisis Pengaruh Kewajaran Harga, Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan “Angkringan Cekli”Kudus. Semarang. Undip

Helen Kristanty dan Kartika kusuma Wardani.2009. Analisis Experiential Marketing, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Suzuki dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Pelanggan Dealer Motor Suzuki Latumenten, Pt Karya Citra Cemerlang. Jakarta. Binus

Ika Putri Iswayanti.2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan “Soto Angkringan Mas Boed” di Semarang). Semarang.Undip

Nofri Mayantoko. 2013. Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Layanan terhadapKepuasan Pelanggan Hoka Hoka Bento Cabang Mall Karawang. Vol.11 No 1. Karawang.Unsika

Raissa Andrawina.2013. Analisis Pengaruh Experiential Marketing, Perceived Quality dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Luwak White Koffie. Jakarta. Uin

Published

2019-01-23

How to Cite

Franto, F. (2019). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANGKRINGAN DI KARAWANG KOTA. Value : Journal of Management and Business, 3(1). https://doi.org/10.35706/value.v3i1.1540