PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN STORE IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE PADA KONSUMEN DI GERAI GUMILAR 3 CIKAMPEK

Authors

  • Sunandra Sunandra Universitas Buana Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3417

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Store Athmosphere Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Konsumen di Gerai Gumilar 3 Cikampek baik secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang selanjutnya di isi oleh responden dan data sekunder buku-buku mengenai teori Athmosphere Dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian dan data dari dokumen-dokumen yang bersumber pada objek penelitian yaitu Gerai Gumilar 3 Cikampek. Populasi yang digunakan adalah selama 12 bulan terakhir periode Januari-Desember 2018 sebanyak 980 orang. Pengambilan jumlah sampel  perhitungan dengan menggunakan rumus slovin taraf kesalahan 5%. Didapat sampel sebanyak 280 responden. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS.

Hasil Penelitian menunjukkan Store Atmosphere Gerai Gumilar 3 Cikampek cukup baik karena memberikan dampak yang positif yang memicu emosi pengunjung sehingga pada akhirnya melalukan pembelian. Store Image Gerai Gumilar 3 Cikampek menunjukan hasil dengan kriteria setuju. Artinya interpretasi pesan dan komunikasi yang ditawarkan kepada pelanggan, konsumen menilai sebuah toko berdasarkan pengalaman mereka atas toko tersebut. kriteria baik. Artinya produk dan jasa pada gerai Gumilar 3 Cikampek sudah tinggi sebagai penunjang keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen.Terbukti terdapat pengaruh yang positif Store Athmosphere Dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen di Gerai Gumilar 3 Cikampek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Kotler, Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Indonesia. Penerbit Erlangga

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Sebelas. Indonesia. P.T. INDEKS Kelompok: Gramedia

Levy , Michael & Weitz, Barton A. 2012. Retailing Management. New York. Amerika: McGraw-Hill/Irwin.

Nawawi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta : Gajahmada University Press.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Utami, Christina Widya. 2010. Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Jurnal dan Skripsi:

Brachtalia , Rosy. R. ?2016. “Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Loyalitas Konsumen House Of Smith Buah Batu Bandung”. Skripsi. Fakultas Bisnis dan Manajemen. Universitas Widyatama.

Maharta, Gede. dkk. 2017. “Pengaruh Store Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Krisna 5 Singaraja”. Ejounal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Vol :1 No :2 Tahun 2017. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/13485. 15 Maret 2019 20.49.

Sari, Leni P. Suryoko,Sri. Widiatanto .2015. “Pengaruh Store Image, Store Atmospherics, dan Store Theatrics Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Amarta Semarang”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/ article/view/11179 . 18 Maret 2019 16.54.

Soebagyo, Tommy. Subagio Hartono. 2014. “Analisa Pengaruh Store Image Terhadap Purchase Intention Di Toserba Ramai Ngawi”. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 , No 2, (2014) 1-9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1715 18 Maret 2019 19.00.

Sopian, Anggi Maulana. 2017. “Pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kedai Kopi Euy Bandung”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pasundan.

Sugiman, Fredy. Mandasari, Rika. 2015. “Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian padaSanctuarydi Surabaya”. Jurnal . Manjemen Perhotelan.

http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/3552

Maret 2019 15.05

Internet:

Millward, Steven. 2018. Pengguna smartphone di Indonesia di tahun 2013-2018

https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-smartphone-di-indonesia-2018 15 Maret 2019 17:30

Instagram Gumilar 3 Cikampek. htpps://www.intragram.com/gumilar3cikampek 03 Juli 2018 12:43

Published

2019-03-31

How to Cite

Sunandra, S. (2019). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN STORE IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE PADA KONSUMEN DI GERAI GUMILAR 3 CIKAMPEK. Value : Journal of Management and Business, 4(1), 33–43. https://doi.org/10.35706/value.v4i1.3417